alexametrics

Kementan Cabut Gugatan Perdata ke Ketua Pataka

10 Januari 2019, 21:52:48 WIB

JawaPos.com – Kementerian Pertanian (Kementan) telah mencabut gugatan terhadap Ketua Pusat Kajian Pertanian Pangan dan Advokasi (Pataka) Yeka Hendra. Sidang perdana gugatan perdata tersebut digelar di PN Jakarta Timur.

Kepala Biro Hukum Kementerian Pertanian Maha Matahari Eddy Purnomo mengaku pihaknya mengajukan surat permohonan pencabutan gugatan terhadap Ketua Pataka Yeke Hendra pada Selasa (8/1).

“Sidang pertamadan diperiksa oleh hakim pemeriksa kemudian dicabut gugatan kami,” kata Eddy dikutip JPNN (Jawa Pos Grup).

Eddy mengaku gugatan ini dicabut karena beberapa pertimbangan. Sayang, Eddy enggan merinci alasan tersebut. “Intinya adalah kita mempertimbangkan berbagai aspek. Kemudian, diambil kesimpulan untuk kita cabut. Mungkin akan ada upaya persuasif kedepannya,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Lokataru Foundation, Haris Azhar yang merupakan kuasa hukum dari Yeka Hendra mengatakan kliennya digugat setelah membuat petisi yang intinya mengkritisi kinerja Kementerian Pertanian.

Ke depan, lanjut Haris, kliennya yang tergabung dengan Agri Watch akan terus mendorong secara substasial agar Kementan bekerja dengan benar. Yakni menggunakan data-data yang benar, menyampaikan informasi yang benar, mengawal ketahanan dan juga kontrol soal pangan secara baik dan benar.

“Jadi mereka akan terus menyuarakan kritik perubahan kebijakan, dan kinerja Kementan supaya lebih baik di lapangan,” kata Haris.

Dia mengakui, dengan dicabutnya gugatan tersebut, ada niat yang baik dari Kementerian Pertanian bahwa sebetulnya kalau polemik diteruskan tidak baik bagi semua. Yeka pun akan berusaha mengkrtik Kementerian Pertanian dengan cara lebih baik.

Caranya, dengan advokasi dengan diskusi terbuka, komunikasi dengan menteri dan isu pertanian jagung, sapi, bibit, ayam, dan segala macam, itu akan menjadi konsen kita ke depannya. “Dengan begitu kita akan bersinergi untuk melangkah ke depan bersama,” tegas Yeka.

Editor : Saugi Riyandi

Kementan Cabut Gugatan Perdata ke Ketua Pataka