alexametrics

Menteri Agama Tegaskan Tidak Akan Cabut Aturan Majelis Taklim

9 Desember 2019, 12:32:55 WIB

JawaPos.com – Kebijakan baru Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi, menimbulkan pro dan kontra. Bahkan DPR menyoroti tentang aturan yang mewajibkan majelis taklim terdaftar di Kementerian Agama. Saat dikonfirmasi, Fachrul Razi menegaskan tidak akan mencabut aturan yang telah diterbitkan tersebut. Karena peraturan tersebut dinilainya cukup tepat.

“Saya enggak ada niat sedikitpun untuk mencabut itu. Sudah bagus,” ujar Fachrul di Jakarta, Senin (9/12).

Menag menambahkan, meskin menuai pro dan kontra. Namun, banyak juga yang mengapresiasi tentang majelis taklim terdaftar di Kementerian Agama.

“Semua bagus banyak yang dukung. Kalau ada yang enggak dukung pasti ada,” ungkapnya.

Menag menegaskan pemerintah tidak terlalu mengawasi kegiatan keagamaan masyarakat. Karena tidak ada pasal yang mewajibkan pemerintah mengawasi kegiatan keagamaan masyarakat. “Pasal mana yang mengawasi. Enggak ada pasal yang mengawasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi menjelaskan masyarakat untuk tidak perlu resah dengan adanya peraturan menteri tersebut yang mengharuskan majelis taklim terdaftar. Karena semangat dari peraturan tersebut adalah untuk memfasilitasi layanan publik dan pengaturan database registrasi Kemenag.

Hal itu agar masyarakat mengetahui tata cara untuk membentuk majelis taklim dan Kemenag memiliki data majelis taklim dengan baik.

Zainut mengatakan, ‎terdaftarnya majelis taklim akan memudahkan Kementerian Agama dalam melakukan koordinasi dan pembinaan. Pembinaan yang dimaksudkan adalah memberikan penyuluhan dan pembekalan materi dakwah, penguatan manajemen dan organisasi, peningkatan kompetensi pengurus, dan pemberdayaan jamaah, dan lain sebagainya.

Termasuk juga pemberian bantuan pemerintah, baik melalui APBN maupun APBD. Untuk keperluan tersebut peraturan ini bisa dijadikan dasar atau payung hukum. Hal ini tentu perlu ada database bagi Kemenag untuk mengetahui majelis taklim yang sudah terdaftar dan memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sekadar informasi, Menteri Agama Fachrul Razi mengharuskan Majelis Taklim untuk terdaftar di Kementerian Agama. Hal itu tercantum dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 29/2019 tentang Majelis Taklim.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Gunawan Wibisono


Close Ads