alexametrics

Dorong Transparansi, Ahok Sebut Akar Masalah Indonesia Adalah Korupsi

9 Desember 2019, 12:49:44 WIB

JawaPos.com – Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2019 berlangsung hari ini, Senin (9/12). Acara ini bertujuan untuk memberantas atau memerangi korupsi dan koruptor di Indonesia.

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Senin (9/12). Pria yang akrab disapa Ahok atau BTP ini mengatakan para tokoh khususnya di pemerintahan untuk tidak melakukan tindak korupsi.

“Selamat memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia ya, saya harapkan kita sebagai penyelenggara negara bisa menjadi contoh semua (masyarakat), itu harapan saya,” kata Basuki Tjahaja Purnama.

Ia juga merasa optimis bahwasanya Indonesia bisa menangani kasus korupsi yang telah lama hadir di negara ini. Salah satunya dengan transparansi.

“Tentu kita yakin kok akar semua masalah di Republik ini adalah korupsi. Maka dari itu korupsi bisa diatasi dengan transparansi dan penyelenggaraan negara yang baik ini, semua bisa lancar,” ujarnya.

Di hari yang sama, bertepatan dengan acara Hakordia 2019 Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih, Firli Bahuri menyampaikan, acara ini memberi makna bahwa Indonesia masih memiliki masalah korupsi. Karena tidak semua negara melaksanakan peringatan hari anti korupsi, terutama negara-negara yang memang tidak lagi menempatkan korupsi sebagai masalah serius.

“Saya berharap, suatu saat kita tidak lagi melaksanakan peringatan hari korupsi sedunia. Karena negara sudah bersih dari korupsi dan kita sudah bebas dari korupsi,” kata Firli dalam keterangannya, Senin (9/12).

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking


Close Ads