alexametrics

Sepekan B.J. Habibie Dirawat di RSPAD Gatot Soebroto

9 September 2019, 13:47:48 WIB

JawaPos.com – Sudah hampir sepekan Bacharuddin Jusuf Habibie menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Kondisi kesehatan presiden ketiga RI itu tidak stabil.

“Saat ini menjalani perawatan intensif oleh tim dokter kepresidenan (TDK),” ujar Rubijanto, sekretaris pribadi Habibie, kepada Jawa Pos kemarin (8/9).

Sesuai dengan petunjuk tim dokter kepresidenan, lanjut dia, Habibie tidak diizinkan menerima tamu untuk menjamin perawatan bisa optimal. Selain itu, diharapkan ahli pesawat terbang tersebut dapat beristirahat.

Rubi enggan menyebutkan sakit yang diderita Habibie. Dia hanya meminta doa dari masyarakat agar Habibie bisa lekas sembuh. “Agar beliau segera diberi kesembuhan dan kesehatan sehingga dapat beraktivitas kembali,” tuturnya.

Sementara itu, staf humas RSPAD Iwan menjelaskan bahwa Habibie menjalani perawatan di rumah sakit hampir sepekan. Tepatnya sejak 2 September. Sayangnya, Iwan juga tidak mengetahui kondisi terbaru dan penyakit yang diidap tokoh asal Sulawesi Selatan tersebut. “Kurang tahu sakit apanya,” katanya. Beberapa tim dokter kepresidenan yang coba dihubungi juga tidak merespons pertanyaan Jawa Pos.

Selama menjalani perawatan, Habibie tidak diperbolehkan menerima tamu. Sejauh ini hanya pihak keluarga yang diberi akses masuk ke ruang perawatan.

Dalam tiga tahun terakhir, tokoh 83 tahun itu tiga kali masuk rumah sakit. Yang terbaru pada Agustus 2018. Saat itu Habibie dirawat di RSPAD karena kondisi kesehatannya drop akibat kelelahan. Sebelumnya, pada Maret 2018, Habibie sempat menjalani pengobatan di Muenchen, Jerman. Ketika itu ada kebocoran pada klep jantung yang pernah dipasang. Pada Maret 2016, Habibie juga harus dirawat di RSPAD. Saat itu dia mengalami infeksi bakteri yang mengakibatkannya mengalami demam.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : far/c14/fal

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads