JawaPos Radar

LIPI, BPPT, dan Batan Bakal Dipimpin Badan Riset Nasional

Anggarkan Dana Riset Rp 24,9 T

09/09/2018, 12:13 WIB | Editor: Ilham Safutra
LIPI, BPPT, dan Batan Bakal Dipimpin Badan Riset Nasional
Menristekdikti M Nasir (Yesika Dinta/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah akan mencoba untuk mengkoordinir seluruh lembaga riset yang tersebar di sejumlah kementerian dan lembaga negara lainnya. Semua lembaga itu rencananya akan dikomandoi badan riset nasional (BRN) yang sedang dirintis pembentukannya saat ini.

Menristekdikti Mohamad Nasir menegaskan, fungsi BRN tidak menggantikan lembaga riset atau unit penelitian di kementerian atau lembaga. Tugasnya adalah mengoordinasi agenda penelitian nasional supaya lebih efektif.

Sejumlah lembaga riset yang sudah berdiri saat ini, antara lain, LIPI, BPPT, dan Batan. Selain itu, kementerian memiliki unit penelitian dan pengembangan (litbang).

Nasir menjelaskan, saat ini dana riset tersebar ke banyak tempat. Selain di lembaga riset, dana juga mengalir ke unit penelitian di kementerian-kementerian. "Kemudian terjadi duplikasi riset," katanya kemarin (8/9).

Nasir menjelaskan, tahun ini anggaran riset di seluruh instansi jika ditotal mencapai Rp 29 triliun. Tahun depan dana riset berkurang menjadi Rp 24,9 triliun. 

(wan/c10/agm)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up