alexametrics

H+3 Lebaran, Baru 196.913 Pemudik yang Tinggalkan Sumatera

9 Juni 2019, 11:54:35 WIB

JawaPos.com – Libur bersama Lebaran 2019 segera usai. Para pemudik mulai meninggalkan kampung halaman. Pergerakan pemudik ke Ibu Kota Jakarta tidak hanya terjadi di Pulau Jawa saja. Dari Sumatera juga demikian.

Lalu lintas pemudik di Pelabuhan Bakauheni menuju Merak belupm mengalami peningkatan. Tercatat dari data PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), hingga Sabtu (8/6) atau H+3 Lebaran, total penumpang yang meninggalkan Sumatera ke Jawa baru sebanyak 196.913 orang.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, puncak arus balik diprediksi pada hari Sabtu (8/6) dan pada hari ini, Minggu (9/6). Namun, total penumpang tersebut baru memenuhi 22 persen dari yang diperkirakan. Tepatnya 902.678 orang yang menyeberang dari Bakauheni menuju Merak.

“Jadi, diperkirakan masih 705.765 orang pemudik atau 78 persen lagi yang belum kembali dari Sumatera ke Jawa,” kata Ira dalam keterangannya, Minggu (9/6).

Arus Balik 2019. (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Adapun dalam arus balik ini kendaraan yang akan menyebrang dari Bakauheni pun masih jauh dari prediksi ASDP. Diketahui, kendaraan roda dia yang menyeberang baru sebanyak 16.506 unit atau 20 persen dari prediksi ASDP yang berada di sekitar 66.779 unit.

Sementara itu, kendaraan mini bus atau kendaraan roda empat ke atas atau lebih baru kembali 22 persen atau sebanyak 24.661 unit. Menurut Irra, masih banyak kendaraan yang belum melakukan perjalanan pulang dari Sumatera.

“Roda empat ke atas/lebih masih 78 persen atau sebanyak 85.755 unit lagi yang belum kembali ke Jawa,” katanya.

Kendati trafik penumpang dan kendaraan mengalami kenaikan, ASDP memastikan kapasitas muatan kapal yang terpasang memadai. Pasalnya, pihaknya melakukan penyediaan kapasitas muatan kapal 15 persen lebih besar dibandingkan tahun lalu.

“Kami harapkan para pengguna jasa tetap bersabar mengingat volume kendaraan cukup tinggi karena datang bersamaan di akhir pekan ini. Dan untuk mempercepat transaksi pembayaran di tollgate, kami himbau agar menyiapkan e-KTP dan menggunakan kartu elektronik,” pungkasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Igman Ibrahim