JawaPos Radar

Kabar Gembira Bagi Guru Honorer yang Ingin Jadi CPNS, Baca Ini

09/03/2018, 00:02 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Guru Honor
Ratusan guru honor saat menggelar aksi di Jakara. Mereka menuntut pemerintah agar memprioritaskannya jadi CPNS. (JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kabar gembira bagi kalangan guru honorer kategori satu (K1) dan kategori dua (K2) yang selama ini berjuang untuk menjadi guru Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Pasalnya tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan merekrut seratus ribu guru CPNS.

Namun, para guru honorer itu harus mengikuti tes kompetensi dasar (TKD) maupun administrasi sesuai Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Jadi enggak boleh jadi CPNS kalau enggak pakai tes. Mau K1 atau K2 wajib ikut tes," ujar Plt Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Hamid Muhammad, Kamis (8/3).

Hamid juga mengakui, banyak guru honorer K1 maupun K2 yang tidak mau mengikuti tes. Meski begitu, Kemendikbud tetap akan berpegang pada aturan yang berlaku.

“Kalau alasannya sudah pernah tes dan gagal, ya, ikut lagi tes sampai gol," ucap Hamid.

Terkait dengan janji Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk mengangkat guru honorer menjadi CPNS, menurut Hamid, tetap harus sesuai UU ASN. Dia menegaskan, pemerintah tidak mungkin mengangkat guru honorer dengan melabrak aturan. “Jadi tetap ikut aturan,” pungkasnya.

(dms/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up