alexametrics
Jumlah Sedikit Dibanding Negara Lain

Menaker Minta Masyarakat Tak Khawatir Soal Isu Tenaga Kerja Asing

9 Januari 2019, 02:05:32 WIB

JawaPos.com – Jumlah tenaga kerja asing (TKA) di Indonesia masih terbilang aman dan sedikit dibanding negara-negara lain di Asia. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mencatat, total TKA yang aktif bekerja kini tidak sampai 100.000 orang.

Menaker M Hanif Dhakiri meminta masyarakat tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Melihat jumlah yang masih terbilang kecil, dirinya tidak memiliki rencana untuk menekan jumlah TKA.

“Lho, mau ditekan itu kenapa? Orang jumlah tenaga kerja asing masih sangat kecil kok. Jumlah tenaga kerja asing cuma 0,00 sekian persen kok. Jadi sangat kecil sekali kalau dibandingkan negara lain. Jadi nggak ada yang perlu dikhawatirkan lah, istilahnya grafiknya itu ya biasa saja,” ujarnya saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (8/1).

Dia mencontohkan, di beberapa negara, misalnya Singapura memiliki TKA sebanyak 1/5 dari jumlah penduduknya. Sementara itu di Qatar, para pegawai negeri sipil (PNS)-nya bahkan adalah orang asing.

Meski demikian, bukan berarti dia berencana menambah TKA ataupun menargetkan jumlahnya. Pemerintah membuka kesempatan seluas-luasnya bagi orang asing yang ingin bekerja di tanah air selama memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

“Nggak ada istilah menambah. Pokoknya semua berjalan seperti biasa. Tidak ada target. Kalau ada orang mau kerja, memenuhi syarat, ya diterima. Kalau nggak memenuhi syarat, dibuang. Melanggar, ditindak. Gitu saja.  Nggak ada yang istimewa,” tegas Hanif.

Dia menuturkan, TKA yang ada saat ini bekerja di berbagai macam sektor. Antara lain sektor pertanian, industri manufaktur, dan jasa. Sayangnya, Hanif tidak merincikan berapa presentasi jumlah TKA di masing-masing bidang tersebut.

“Jadi pokoknya kalau memenuhi syarat, memenuhi aturan, memenuhi ketentuan, diterima. Baik itu syarat administratif, syarat pekerjaan, macam-macam lah,” pungkasnya. 
 
 
 

Editor : Kuswandi

Reporter : Yesika Dinta


Close Ads
Menaker Minta Masyarakat Tak Khawatir Soal Isu Tenaga Kerja Asing