alexametrics

Tarian Sajojo dan Pesan Lain di Balik Peringatan Hari Ibu

8 Desember 2019, 17:27:11 WIB

JawaPos.com – Ibu negara Iriana Jokowi dan Ibu Wakil Presiden Wuri Ma’ruf Amin kompak menghadiri peringatan Hari Ibu. Keduanya, selain membuka juga mengikuti Jalan Sehat Keluarga di Plaza Timur Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (8/12).

Peringatan Hari Ibu diawali dengan Tarian Sajojo pada pukul 06.00. Peserta serempak menggunakan kaos Putih dalam Jalan Sehat tersebut. Umumnya para peserta adalah kalangan ibu-ibu.

Mereka di antaranya berasal dari sejumlah istri pejabat negara yang tergabung dalam Oase Kabinet Indonesia Maju. Tidak ketinggalan juga

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga. “Momentum Hari Ibu kita harapkan mendorong berbagai upaya untuk meningkatkan kemajuan,” kata Bintang Puspayoga.

Dalam acara tersebut, para peserta mengenakan atribut daerah. Seperti ikat kepala dan topi. Iriana dan Wuri tampak berjalan paling depan dalan acara itu.

Uniknya banyak peserta membawa poster hentikan kekerasan terhadap anak dan stop perkawinan Anak. Poster tersebut menjadi pesan lain di balik dari peringatan Hari Ibu tahun ini.

Lebih jauh Bintang Puspayoga dalam sambutannya mengatakan, perempuan Indonesia merupakan sumber daya potensial untuk pembangunan Tanah Air. Untuk itu, peringatan Hari Ibu diharapkan dapat mendorong kemajuan Indonesia di berbagai sektor. Mengingat, kaum perempuan cukup besar dan berpengaruh guna mendukung tercapainya target tersebut.

Oleh karena itu, momentum tersebut diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi bagi semua kalangan perempuan, baik di tingkat pusat maupun daerah. Menjadi perempuan tangguh, mandiri, kreatif dan dapat melahirkan generasi yang unggul.

Kegiatan jalan sehat keluarga tersebut diharapkan tidak hanya sebagai aktivitas seremonial saja, namun semua elemen terutama kaum hawa diminta untuk terus berkomitmen meningkatkan kualitas hidup perempuan Indonesia.

Terakhir, dia meminta peringatan Hari Ibu harus menjadi tambahan motivasi dan semangat bagi perempuan di seluruh pelosok Tanah Air untuk menjadi perempuan tangguh, mandiri, kreatif dan dapat melahirkan generasi yang unggul.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Ilham Dwi Ridlo Wancoko, Antara


Close Ads