alexametrics

Hakordia 2019, KPK Gelar Rangkaian Festival Film Antikorupsi

8 Desember 2019, 13:44:08 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi menggelar beberapa kegiatan seni sebagai rangkaian dari hari antikorupsi sedunia (Hakordia) 2019 yang jatuh pada Senin (9/12) esok. Gelaran seni berupa film, lagu, puisi, dongeng, foto, komik dan karya sejenis lainnya diselenggarakan di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan.

“Ini merupakan pendekatan penting yang dilakukan KPK sebagai upaya membangun nilai antikorupsi dengan pendekatan seni,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah dalam keterangannya, Minggu (8/12).

Febri menyampaikan, gelaran tersebut dilakukan tidak lain untuk menyentuh hati dan membuka pikiran melalui pendekatan seni kepada masyarakat.

Hal ini merupakan salah satu strategi dalam pencegahan korupsi, terutama ketika film-film yang diproduksi berangkat dari realitas di lingkungan masyarakat masing-masing.

“Semoga ke depan semakin banyak proses kreatif yang bergelut di isu antikorupsi ini. Di tengah sejumlah upaya untuk terus menyerang balik dan mengepung pemberantasan korupsi, maka konsolidasi kekuatan dan keteguhan bersama memberantas korupsi menjadi semakin penting,” ucap Febri.

Mantan peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) ini menuturkan, rangkaian
Anti-corruption Film Festival 2019 (ACFFest) akan digelar dalam dua sesi. Sesi pertama terdiri dari pemutaran empat film finalis ACFFest 2019, diskusi film bersama sutradara Gina S. Noer, dan pameran foto.

“Sesi pertama akan digelar pukul 14.30-17.30 WIB. Sesi kedua akan digelar pada 18.30-22.00 WIB,” ucap Febri.

“Dalam sesi ini akan dilakukan penganugerahan dan pemutaran Film Terbaik dan Favorit Acffest 2019, teater Dongeng Kebangsaaan bersama Sutradara Garin Nugroho, Cornelia Agatha, Asmara Abigail, Endah Laras, Mia Ismi Choir,” pungkasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan


Close Ads