alexametrics

Calon Taruna Gagal Masuk Akpol Usai Dinyatakan Positif Covid-19

8 Agustus 2020, 20:25:14 WIB

JawaPos.com – Polda Kepulauan Riau mengonfirmasi ada satu calon taruna Akademi Kepolisian (Akpol) dipastikan gugur karena dinyatakan positif Covid-19. Diagnosis itu didapat setelah calon taruna itu diambil sample kesehatannya di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam. Kegagalan ini diakibatkan calon tersebut tidak bisa diberangkatkan tes di tingkat pusat.

“Ya benar, tidak diberangkatkan untuk tes pusat, hasil tes swab BTKLPP menyatakan yang bersangkutan terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhart saat dihubungu, Sabtu (8/8).

Harry pun membantah jika tes Covid-19 hasil rekayasa seperti yang ramai diperbincangkan di media sosial. Dia memastikan pihak Polda tidak bisa ikut campur terhadap tes swab di BTKLPP Batam.

Bagi taruna yang memang merasa dicurangi dari tes swab tersebut dibolehkan melakukan swab ulang. Namun, hanya bisa dilakukan dk BTKLPP Batam selaku lembaga yang ditunjuk pemerintah.

“Yang digunakan adalah lembaga resmi yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan untuk wilayah Kepulauan Riau BTKLPP Batam. Kita tidak mencampuri masalah swab tes karena itu wilayah dari gugus tugas Covid-19,” jelas Harry.

Selain itu, calon taruna yang gagal akibat Covid-19 juga masih bisa mendaftar pada seleksi berikutnya. “Kesempatan daftar Akpol untuk berikutnya tentu ada selama masih memenuhi persyaratan normatif,” pungkas Harry.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads