alexametrics

Penyekatan Arus Mudik, 23 Ribu Kendaraan Dipaksa Putar Balik

Pemerintah Klaim Larangan Mudik Berhasil
8 Mei 2021, 14:19:21 WIB

JawaPos.com – Pemerintah mengklaim bahwa operasi penyekatan arus mudik pada hari pertama (6/5) berjalan terkendali. Salah satu indikasinya, ribuan kendaraan bisa diputar balik hingga kemarin (7/5).

Menurut catatan Polri hingga kemarin, pemudik yang diputar balik mencapai 23.573 kendaraan. Kadivhumas Polri Irjen Argo Yuwono menyatakan bahwa 75 travel gelap juga telah ditindak. Kendaraan mereka ditahan sementara hingga larangan mudik usai. ”Selain penindakan, kami melakukan tes swab antigen 1.645 kali dan pembagian masker 9.385 buah,” paparnya.

Korlantas memastikan telah menambah jumlah pos penyekatan di Sumatera, Jawa, dan Bali. Dari awalnya 333 titik menjadi 381 titik penyekatan. Kabagops Korlantas Polri Kombespol Rudi Antariksawan menuturkan, penambahan penyekatan itu berdasar hasil evaluasi sementara. Ternyata masih ada jalur-jalur alternatif yang dimanfaatkan para pemudik. Karena itu, dengan penambahan titik penyekatan tersebut, jalur alternatif akan semakin sedikit.

Sementara itu, di jalur tol Jakarta–Cikampek, terdapat 648 kendaraan yang diputar balik. Kendaraan-kendaraan itu diarahkan keluar melalui GT Cikarang Barat 3 dan GT Karawang Barat 1 untuk kembali ke Jakarta.

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Toll Road Widiyatmiko Nursejati menyatakan, di antara total 648 kendaraan yang dialihkan tersebut, 88 persen kendaraan pribadi. Lalu, 12 persen sisanya kendaraan angkutan penumpang.

Dia mengakui, pada hari pertama sempat terjadi kepadatan menjelang dua titik checkpoint di Km 31 dan 48. Sebab, petugas harus memeriksa dokumen pendukung pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang masuk kategori dikecualikan.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : idr/tau/syn/c19/oni

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads