alexametrics

Wakil Ketua MPR Dukung Borobudur Jadi Pusat Musik Dunia

8 April 2021, 17:58:30 WIB

JawaPos.com– Peninggalan budaya adalah warisan yang dapat memperkokoh jati diri bangsa dan sumber pengembangan ilmu pengetahuan serta dapat menjadi sarana peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Sebagai warisan budaya bangsa, Candi Borobudur adalah sebuah kitab bahkan perpustakaan besar yang menggambarkan peradaban kita di abad ke-8,” kata Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat berbicara secara daring di seminar dan lokakarya bertema Borobudur Pusat Musik Dunia, Kamis (8/4).

Hadir dalam seminar tersebut antara lain Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (virtual); Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo; Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilman Farid dan sejumlah seniman yang tergabung dalam Sound of Borobudur.

Menurut Rerie, sapaan akrab Lestari Moerdijat, nilai-nilai yang ada pada warisan budaya, seperti Candi Borobudur bisa menjadi acuan dalam menghadapi tantangan di masa kini.

“Empat konsensus kebangsaan, seperti UUD 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) juga memiliki nilai-nilai yang bersumber dari budaya masa lalu dalam peradaban bangsa ini,” terangnya.

Nilai kebhinekaan, gotong-royong, musyawarah untuk mufakat dan berbagai nilai-nilai yang berkembang pada peradaban masa lalu, menurut Rerie, merupakan sejumlah nilai yang diwarisi para leluhur.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Khafidul Ulum




Close Ads