alexametrics

Gerindra Percaya Jokowi Pilih Orang Terbaik Sebagai Dewan Pengawas KPK

7 Desember 2019, 08:27:04 WIB

JawaPos.com – Teka-teki sosok yang akan mengisi Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menjadi misteri. Sampai hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengumumkan satu pun kandidat yang akan dipilih.

Terkait itu, Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman mempercayakan pemilihan dewan pengawas KPK kepada Jokowi. Dia yakin orang-orang terbaik akan dipilih Jokowi demi memperkuat KPK.

“Kita percaya Pak Jokowi akan menunjuk orang-orang terbaik untuk menjadi dewan pengawas. Tentu beliau Pak Jokowi berkepentingan agar KPK ini bisa jalan, karena kan beliau harus meninggalkan legacy,” kata dia, Sabtu (6/12).

Habiburokhman mengatakan, di periode terakhir kepemimpinannya sebagai presiden, Jokowi dibebani dengan target-target kemajuan bangsa yang harus diselesaikan. Memilih Dewan Pengawas KPK menjadi langkah strategis Jokowi untuk membangun pemerintahan yang lebih kuat.

“Saya pikir itu hak prerogatif beliau ya. Kalau komunikasi secara resmi mungkin saja ada, tetapi itu hak prerogatif pak Jokowi,” imbuhnya.

Meski begitu, Habiburokhman tidak menutupi bahwa Gerindra punya keinginan Dewan Pengawas juga diisi oleh aktivis yang memiliki rekam jejak bagus. “Tentu kita ingin (yang berlatarbelakang aktivis, Red). Pasti Pak Jokowi menunjuk orang yang paling keren dan paling top untuk menjadi dewan pengawas itu,” pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo masih enggan membeberkan siapa saja yang bakal dipilih menjadi Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jokowi mengatakan masih ada waktu beberapa pekan lagi untuk menyeleksi sebelum mengambil keputusan.

Proses pemilihan Dewan Pengawas KPK sendiri saat ini sudah dalam tahap seleksi di Kementerian Sekretaris Negara (Setneg). “Ini masih penyaringan internal di Setneg. Jadi belum pada proses finalisasi,” sebut Jokowi.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Sabik Aji Taufan


Close Ads