alexametrics

Temuan Tim SAR Jelang Hari Terakhir Evakuasi Korban Lion Air

7 November 2018, 10:34:40 WIB

JawaPos.com – Tim SAR gabungan terus berusaha melakukan pencarian dan penyelamatan terhadap korban dan puing-puing Lion Air JT-610. Rabu (7/11) yang direncanakan hari terakhir evakuasi, mereka tetap mencari para korban di lokasi jatuhnya pesawat boeing 737 Max 8 itu.

Hari ini, tim SAR kembali menemukan menemukan mesin pesawat berupa turbin dan serpihan pesawat dari dasar perairan Karawang, Jawa Barat. Turbin pesawat tersebut merupakan temuan kedua. Sebelumnya benda serupa juga ditemukan tim SAR dan telah dibawa oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk dilakukan penelitian.

Komandan Satuan Patroli (Dansatrol) Lantamal III, Kolonel Laut (P) Salim mengatakan, tim SAR gabungan berhasil menemukan turbin dan serpihan pesawat di kedalaman 30 meter bawah permukaan laut.

Temuan Tim SAR Jelang Hari Terakhir Evakuasi Korban Lion Air
Infografis fakta-fakta jatuhnya Lion Air JT-610 (Kokoh Praba/JawaPos.com)

“Temuan turbin itu ditemukan kemarin sekitar pukul 15.00 WIB oleh penyelam tim SAR gabungan. Satu rangkaian dengan 20 kantong jenazah yang sudah kami serahkan pada tim DVI Polri semalam,” kata Salim di Dermaga JICT 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (7/11).

Selain itu, tim SAR gabungan juga menemukan serpihan pesawat berupa tabung dan baterai independent dan recorder power suplai milik pesawat nahas Lion Air JT-610.

“Kemungkinan di dalam rangkaian turbin itu masih ada potongan korban, karena masih bau,” ujarnya.

Diketahui ini merupakan jadwal hari terakhir evakuasi korban pesawat Lion Air. Pada hari terakhir itu, tim SAR terus melakukan penyelaman untuk kembali menemukan yang masih tersisa di perairan Karawang. Masa evakuasi itu bisa saja diperpanjang. Hal itu tergantung analisis dari Basarnas dan stakholder lainnya.

“Jadi kegiatan hari ini sama seperti kemarin, seluruh tim penyelam gabungan sudah di lokasi pencarian,” pungkasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (rdw/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Temuan Tim SAR Jelang Hari Terakhir Evakuasi Korban Lion Air