alexametrics

Besok Puncak Ibadah Haji, Ini Imbauan Kemenag Kepada Jemaah

7 Juli 2022, 09:18:36 WIB

JawaPos.com – Puncak pelaksanaan ibadah haji 1443 Hijriah hanya menyisakan satu hari lagi. Wukuf akan digelar pada Jum’at (8/7) mendatang berdasarkan pengumuman resmi pemerintah Arab Saudi.

Plh Biro Humas, Data, dan Informasi, Wawan Djunaedi menyampaikan, menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji, pemerintah melalui petugas haji, baik petugas kloter, PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Arab Saudi, dan pihak lain yang terlibat, untuk bersatu padu menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan operasional penyelenggaraan ibadah haji.

“Agar jemaah memerhatikan jadwal pergerakan ke Arafah. Hal ini penting agar seluruh jemaah dapat sampai di Arafah sesuai jadwal yang telah ditentukan,” kata Wawan kepada wartawan, Kamis (7/7).

“Kepada PPIH Kloter dan PPIH Sektor, agar benar-benar memberikan penjelasan terkait jadwal pergerakan masing-masing kloter,” imbuhnya.

Wawan menyampaikan, jemaah diingatkan membawa barang bawaan secukupnya, seperti pakaian, alat mandi, perlengkapan ibadah, serta obat-obatan. Sementara, barang-barang lainnya cukup dititipkan di tempat tinggal jemaah, melalui petugas sektor masing-masing.

“Jemaah harus memahami hal-hal yang dilarang selama berihram. Ini penting, agar pelaksanaan rangkaian ibadah jemaah sesuai ketentuan dalam manasik. Segera bertanya dan berkonsultasi dengan Pembimbing Ibadah di kloter masing-masing. Pastikan seluruh jemaah paham akan ketentuan larangan selama berihram,” jelasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini: