alexametrics

Terlibat Pembuatan Soal Tes Pegawai KPK, Begini Penjelasan TNI

7 Mei 2021, 18:53:46 WIB

JawaPos.com – TNI Angkatan Darat (AD) dikabarkan turut terlibat dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selain TNI, KPK turut menggandeng menggandeng Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI, Badan Intelijen Negara (BIN), dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Kapuspen TNI, Mayjen TNI Pranata Santosa mengatakan, soal TWK kepada pegawai KPK disusun bersama oleh banyak pihak. Dalam hal ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI ditunjuk memimpin penyusunan.

“Secara teknis bahan pertanyaan yang sampaikan dalam tes ASN KPK tersebut bagian dari soal tes yang di susun oleh Tim Asesmen yang dipimpin oleh BKN RI yang dipilih KPK sebagai mitra,” kata Pranata saat dihubungi JawaPos.com, Jumat (7/5).

“Seperti yang disampaikan Wakil Ketua KPK Nurul Gufron kepada media bahwa seluruh instansi pelaksana asesmen telah melalui proses penyamaan persepsi dengan BKN RI melalui rangkaian rapat internal bersama unit terkait guna mempersiapkan asesmen,” imbuhnya.

Atas dasar itu, Pranata enggan berbicara lebih jauh. Ia lebih memilih menyerahkan kepada BKN RI. “Mungkin lebih tepat jika ditanyakan langsung ke BKN RI,” pungkasnya.

Baca Juga: Reformasi ASN, Naik Pangkat Tiap Dua Tahun dan Usia Pensiun Ditambah

Baca Juga: KRI Nanggala-402 Tenggelam, AHY: 1 Nyawa Prajurit TNI Sangat Berharga

Sebagaimana diketahui, sejak 18 Maret sampai 9 April 2021, KPK bekerjasama dengan BKN RI telah melakukan asesmen tes wawasan kebangsaan (TWK) terhadap 1.351 pegawai. Terdapat dua orang diantaranya tidak hadir pada tahap wawancara.

Pelaksanaan asesmen pegawai KPK bekerjasama dengan BKN RI telah sesuai dengan Pasal 5 ayat (4) Perkom KPK Nomor 1 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengalihan Pegawai KPK menjadi Pegawai Aparatur Sipil Negara.

Hasilnya, pegawai yang memenuhi syarat sebanyak 1274 orang. Sedangkan pegawai yang tidak memenuhi syarat sebanyak 75 orang.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads