alexametrics

Mahasiswa Unair Ubah Vespa Klasik Menjadi Kendaraan Listrik

7 Maret 2022, 11:48:44 WIB

JawaPos.com – Vespa klasik kini menjadi tren di kalangan masyarakat. Di tengah tren tersebut, enam mahasiswa dan dosen Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) Universitas Airlangga pun membuat inovasi dengan mengubah vespa klasik menjadi kendaraan bertenaga listrik.

Mahasiswa Teknik Elektro Rizky Nur Rachman mengatakan, inovasi itu dimulai karena dosennya, Dr Cand Yoga Uta, memiliki vespa tua. Motor keluaran 1990-an itu mulai tidak stabil. Kadang-kadang mogok ketika dikendarai.

’’Dari situlah, muncul ide dari dosen untuk mengubah vespa klasik menjadi motor listrik,’’ katanya. Butuh waktu dua bulan dalam mengerjakan vespa listrik tersebut.

Pembuatan motor listrik itu dimulai pada pertengahan Desember lalu. Proses pembongkaran seluruh mesin motor pun dilakukan untuk mengecek fungsi kabel motor vespa tersebut. Kemudian, mesin motor itu diubah dengan listrik. ’’Ditambah juga dengan baterai dan inverter pada motor,’’ ujarnya.

Rizky menjelaskan, pembuatan inovasi tersebut cukup menantang dan menjadi pengalaman besar bagi dirinya dan tim. Apalagi, sepeda yang dikerjakan adalah motor tua. Prosesnya memakan waktu lama karena timnya harus mengganti banyak kerangka yang rusak.

’’Inovasi motor listrik di Indonesia belum terlalu banyak. Dan, mengubah vespa klasik menjadi vespa listrik adalah hal baru,’’ kata dia.

Saat ini vespa motor listrik tersebut sudah bisa dikendarai. Namun, masih ada pekerjaan rumah yang harus dituntaskan. Yakni, mendaftarkan vespa listrik tersebut untuk mendapatkan surat tanda nomor kendaraan (STNK).

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ayu/c7/git

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads