alexametrics

Tragedi Novia Widyasari, Nasdem Desak RUU TPKS Segera Diparipurnakan

6 Desember 2021, 13:13:03 WIB

JawaPos.com – Kasus kekerasan seksual terus muncul ke permukaan setiap harinya. Yang terbaru, publik dibikin gerah dengan kasus kekerasan seksual di Malang, Jawa Timur berujung bunuh dirinya korban bernama Novia Widyasari, dimana pelakunya adalah seorang anggota Polri, yakni Bripda Randy Bagus Sasongko.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Bidang Perempuan dan Anak DPP Partai Nasdem Amelia Anggraini mendesak agar Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) segera diparipurnakan untuk dibahas di tingkat satu antara DPR dan Pemerintah.

“Bisa kita pantau sepanjang bulan ini saja beberapa kasus kekerasan seksual muncul di media dan sosial media. Mau sampai kapan ini terus berulang? Kita perlu mendesak dan mengajak semua elemen bersatu padu agar RUU TPKS segera di paripurnakan untuk segera dibahas dengan pemerintah,” ujar Amelia kepada wartawan, Senin (6/12).

Amelia menambahkan urgensi RUU TPKS sudah tidak bisa dipertanyakan lagi. Namun pembahasan RUU TPKS ini menghadapi dinamika dan tarik ulur di DPR. Ia berharap semua pimpinan Badan Legislasi (Baleg) dan juga pimpinan partai dapat mencapai kesepahaman bersama bahwa angka kekerasan seksual terus meningkat.

“Mudah-mudahan tanggal 15 Desember ini Rapat Paripurna DPR mensahkan RUU TPKS sebagai RUU usulan DPR,” katanya.

Pengesahan RUU TPKS oleh DPR nanti menurut Amelia akan membawa oasis bagi penyintas kekerasan seksual di seluruh penjuru negeri. Hal ini menunjukan bahwa kerja advokasi terhadap korban kekerasan seksual tidak sia-sia.

“Sudah 6 tahun kita berjuang dan mengawal RUU yang dulu namanya Penghapusan Kekerasan Seksual. Jadi ketika DPR mengetuk palu mensahkan RUU TPKS ini sebagai RUU usulan DPR, kerja keras kita selama ini tidak sia-sia. Tinggal nanti kita kawal terus sejauh mana pembahasan antara DPR dan pemerintah untuk RUU TPKS ini,” pungkasnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads