alexametrics

Ganjar Kirim Tim Relawan dan Logistik ke Lokasi Bencana Erupsi Semeru

6 Desember 2021, 16:28:26 WIB

JawaPos.com – Respons cepat ditunjukkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) dalam membantu penanganan bencana erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur. Hari ini, Senin (6/12), Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memberangkatkan 50 relawan serta bantuan logistik senilai Rp 934 juta ke Jawa Timur.

Relawan yang berangkat terdiri dari berbagai unsur, seperti anggota BPBD, PMI, SAR, Tagana, Pramuka, MDMC, LPBINU, tim kesehatan, dan lain sebagainya. Mereka ditugaskan di lokasi bencana hingga 12 Desember mendatang.

Untuk bantuan logistik, Ganjar tidak mengirim barang-barang kebutuhan pokok seperti sembako, selimut, kasur, dan obat-obatan. Bantuan berupa barang-barang yang lebih spesifik juga dibawa untuk para pengungsi erupsi Gunung Semeru. Di antaranya seperti sarung, mukena, sajadah, kasur lipat, popok bayi, pembalut wanita, pakaian dalam, peralatan mandi, genset, air bersih hingga sayuran segar.

Ganjar pun menyampaikan sejumlah pesan kepada para relawan yang akan berangkat. Dia menegaskan agar saat di lokasi bencana, relawan harus total, mau ditugaskan di mana saja dan tak merepotkan.

“Selamat berjuang, bantuan kawan-kawan sangat diperlukan untuk operasi kemanusiaan bagi saudara-saudara kita di Semeru. Tolong begitu datang langsung lapor, dan siap di BKO kan di manapun yang dibutuhkan. Catat apa saja yang dibutuhkan. Kalau ada yang mendesak, segera komunikasikan agar bisa segera kita bantu. Jaga kesehatan, jangan merepotkan,” pesan Ganjar pada relawan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengirim 50 relawan serta bantuan logistik senilai Rp 934 juta ke Jawa Timur untuk membantu korban bencana erupsi Gunung Semeru. (Dok. Pemprov Jateng)

Ganjar memang intens berkomunikasi dengan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur terkait erupsi Gunung Semeru. Dia juga berkomunikasi dengan sejumlah kepala desa yang ada di sekitar gunung itu.

“Hari ini kami mencoba membantu saudara-saudara kita di Semeru. Dari operasi kemanusiaan ini, saya berharap bisa meringankan beban mereka,” ujar dia.

Ganjar menegaskan, bantuan hari ini adalah kiriman yang pertama. Jateng siap mengirim bantuan-bantuan selanjutnya. Oleh karena itu, dia mengatakan akan terus menjalin komunikasi dan koordinasi dengan Jawa Timur terkait bantuan-bantuan apa saja yang dibutuhkan di lokasi bencana.

“Maka saya tadi minta teman-teman mengecek, kebutuhan apa yang mendesak di sana agar bisa kita bantu. Saya juga sudah komunikasi dengan gubernur dan wakil gubernur Jatim terkait perkembangan yang ada,” papar Ganjar.

Ganjar juga mengucapkan terima kasih dan kebanggannya karena seluruh jajaran di Jateng sangat sigap melaksanakan operasi kemanusiaan. Saat dirinya mengatakan akan membantu korban erupsi Semeru, sejumlah instansi seperti BPBD, PMI, BUMN, BUMD, Baznas, relawan semuanya langsung bekerja menggalang kekuatan.

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Jateng Safrudin menuturkan, bantuan logistik dan tim relawan yang dikirimkan sudah dikoordinasikan dengan Jawa Timur. Tim relawan yang dikirimkan memiliki beragam keahlian. Di antaranya menangani logistik, dapur umum, kesehatan, pertukangan untuk pembuatan hunian sementara, psikososial, dan sebagainya.

“Dari koordinasi kami, untuk kebutuhan pengungsi seperti air mineral, makanan, biskuit, pakaian dalam, kebutuhan perempuan, sarung, selimut, mukena, sajadah, obat-obatan, masker dan sebagainya. Kami juga mengirim genset, tangki air serta sembako dengan sayuran segar ke sana,” ucapnya. (Eno)

Editor : Banu Adikara

Reporter : ARM

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads