alexametrics

Evakuasi Korban Erupsi, Khofifah Kerahkan Ahli Konstruksi Tanah

6 Desember 2021, 12:21:20 WIB

JawaPos.com – Sejumlah pejabat kemarin berdatangan ke lokasi bencana. Mereka adalah Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menteri Sosial Tri Rismaharini, serta Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Ada juga Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta.

Mereka mengadakan rapat koordinasi di kantor Kecamatan Pasirian, Lumajang.

Saat para pejabat itu bertemu, proses evakuasi terus berlangsung. Namun, hingga kemarin siang, proses evakuasi belum optimal. Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengaku sudah berkomunikasi dengan tim SAR terkait rencana evakuasi tersebut. Rekomendasi yang disampaikan, kondisi lapangan masih berbahaya. Lahar masih panas, bahkan ada yang mengeluarkan percikan api. ’’Karena itu, malam pertama setelah lahar turun, evakuasi diurungkan,’’ ungkapnya.

Meski begitu, pemetaan dan identifikasi tetap dilaksanakan. Pantauan Jawa Pos di lapangan kemarin, abu yang menutupi permukiman warga masih terasa panas. Bahkan, ada beberapa ruas yang mengeluarkan asap. Selain itu, tidak semua tumpukan pasir tersebut padat. Ada beberapa ruas yang lembek. Banyak relawan yang kakinya menancap di hamparan pasir tersebut.

Dusun Kampung Renteng menjadi salah satu daerah yang terdampak cukup parah. Kawasan tersebut merupakan area penambangan pasir. Saat kejadian, banyak penambang yang berada di lokasi. Mereka memang biasa menunggu aliran lahar yang berupa pasir. Hal itu sudah menjadi kebiasaan. Sebab, sungai di dusun tersebut merupakan daerah aliran lahar Gunung Semeru.

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads