alexametrics

Tito Karnavian Sebut Tugas Polisi Tiongkok Lebih Mudah Dibanding Polri

6 November 2019, 12:00:21 WIB

JawaPos.com – Jendral (Purn) Tito Karnavian resmi menyerahkan jabatan Kapolri kepada Jendral Idham Azis di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Rabu (6/11). Hal itu ditandai dengan penyerahan Pataka atau panji Koprs Bhayangkara dari Kapolri yang lama kepada Kapolri yang baru sebagai tanda penyerahan tongkat komando.

Dalam sambutanya, Tito Karnavian menyampaikan bahwa Polri merupakan organisasi kedua terbesar di Indonesia setelah TNI. “Punya pengaruh cukup besar terhadap dinamika politik keamanan dan budaya,” kata Tito seperti dilansir PojokSatu.id (Jawa Pos Group), Rabu (6/11).

Sosok yang kini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri itu lantas membandingkan Polri dengan kepolisian Tiongkok yang sama-sama memiliki jumlah anggota yang besar. Akan tetapi, ia menyebut tugas polisi Tiongkok  jauh lebih mudah dibanding Polri.

Pasalnya, negeri Tirai Bambu itu menganut sistem politik tertutup. Sedangkan Indonesia menganut sistem poitik terbuka. Dengan kondisi demikian, maka tantangan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat jauh lebih berat. “Belum lagi jumlah 466 ribu personel Polri, menambah kompleks tugas sebagai kapolri,” terangnya.

Acara serah terima Pataka ini juga turut dihadiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji, KSAU Marsekal Yuyu Sutisna.

Tampak hadir Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin, Kepala BIN Budi Gunawan, Ketua MPR Bambang Soesatyo, hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Setelah menerima tongkat komando, Idham Azis akan memimpin korps baju coklat ini hingga pensiun pada Februari 2021.

Editor : Bintang Pradewo



Close Ads