alexametrics

Tito Ingatkan Idham Azis bahwa Tugas Kapolri Paling Kompleks di Dunia

6 November 2019, 12:14:33 WIB

JawaPos.com – Mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian mengingatkan penerusnya Jenderal Pol Idham Azis bahwa ada sejumlah tugas berat yang harus dijalani sebagai Kapolri. Selain menjaga stabilitas keamanan, Kapolri juga harus memperhatikan internal institusinya yakni anggota yang saat ini mencapai 446 ribu anggota.

“Tantangan yang dihadapi cukup berat, karena menjadi salah satu pengemban utama stabilitas masyatakat di negara yang pluralistik, heterogen, negara kepulauan besar. Maka tidak berlebihan kalau saya katakan tugas sebagai Kapolri adalah tugas yang paling kompleks di seluruh dunia,” kata Tito di Lapangan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Rabu (6/11).

“Di tengah-tengah situasi perubahan geopolitik dan dinamika internal di dalam negeri dan lingkup Polri, maka saya merasakan tugas Kapolri cukup berat,” sambungnya.

Meski demikian, mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ini percaya Idham bisa mengemban tugas tersebut. Sehingga Korps Bhayangkara akan semakin berkembang ke arah yang lebih baik.

“Dengan bekal pengalaman tugas, saya percaya Polri akan semakin profesional, modern, dan dipercaya publik untuk mengemban tugas sebagaimana diamanahkan dalam Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002,” ucap Tito.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menggelar prosesi serah terima Panji Tribrata dari Kapolri sebelumnya Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian. Acara ini sekaligus sebagai penanda beralihnya estafet kepemimpinan Polri. Acara dilangsungkan di Lapangan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Rabu (6/11).

Dalam sambutannya, Idham merasa bersyukur telah diberi amanah menjadi penerus tongkat estafet pimpinan Polri. Dia memastikan akan bekerja dengan sungguh-sungguh hingga akhir masa tugasnya di Korps Bhayangkara.

“Amanah ini meupakan tanggung jawab, dan saya akan wakafkan diri saya selama 14 bulan ke depan untuk memberikan pengabdian terbaik kepada institusi Polri,” kata Idham.

Mantan Kabareskrim Polri itu mengatakan, akan meneruskan seluruh program yang dicanangkan oleh para pendahulunya. Seperti meningkatkan soliditas TNI-Polri sebagai pilar NKRI. Oleh karena itu, dia meminta doa restu dan dukungan dari seluruh anggota maupun mitra kerja Polri.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads