alexametrics

Soal Pencarian Korban, Basarnas: Mudah-mudahan Keluarga Paham

6 November 2018, 16:32:39 WIB

JawaPos.com – Proses evakuasi korban dan bangkai pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat sudah memasuki hari kesembilan. Data terakhir, baru 27 korban yang berhasil teridentifikasi dari 189 orang menjadi korban pesawat nahas tersebut.

Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono mengatakan, tim SAR gabungan sesuai arahan Presiden Joko Widodo masif melakukan pencarian korban pesawat Lion Air. Namun belum dapat dipastikan proses pencarian akan dilanjutkan atau tidak.

“Sampai saat ini tetap dilaksanakan pencarian, kita bekerja 24 jam. Kapal masih beroperasi dilokasi pencarian,” kata Yudo di KRI Banda Aceh, perairan Karawang, Jawa Barat, Selasa (6/11).

Yudo menuturkan, proses evakuasi terpusat di Basarnas. Maka dari itu, kewenangan untuk melanjutkan atau tidak proses evakuasi korban pesawat Lion Air ada di mereka.

“Itu kewenangan Basarnas yang bisa menjelaskan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi menuturkan, pihaknya akan melakukan evaluasi terlebih dahulu. Setelah itu baru diambil keputusan apakah akan dilanjutkan atau dihentikan. 

“Akan melihat apakah pencarian korban masih mungkin ditemukan, sudah ajak keluarga korban untuk memahami, supaya mereka tahu apa yang sudah dikerjakan,” ucap Syaugi.

Syaugi belum bisa memastikan proses evakuasi korban dan bangkai pesawat Lion Air JT 610 tetap dilanjutkan atau tidak.

“Tergantung evaluasi ya di lapangan maupun kita nanti rapat staf hari ini, penemuan gimana trennya turun atau mendekati. Kenapa kemarin saya perpanjang, karena kita temukan di Tanjung Pakis itu 21 lebih kantong jenazah, berarti kemungkinan masih ada dan faktanya masih ada, makanya kita perpanjang besok kita lihat gimana situasi besok,” pungkasnya.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : (sat/JPC)



Close Ads
Soal Pencarian Korban, Basarnas: Mudah-mudahan Keluarga Paham