alexametrics

Mengurai Masalah Airspeed Pesawat Lion Air JT 610 sebelum Jatuh

6 November 2018, 19:22:38 WIB

JawaPos.com – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terus mencari jawaban atas dugaan kerusakan pada airspeed indicator di pesawat Lion Air PK-LQP. Pasalnya, airspeed indicator itu disebut-sebut sebagai pemicu jatuhnya pesawat rute penerbangan Jakarta-Pangkalpinang itu.

“Terjadi unreliable dari airspeed-nya. Ada perbedaan yang terdapat di airspeed-nya kiri dan kanan. Kan di pesawat itu ada captain side sama opilot side,” kata Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono di KRI Banda Aceh, Selasa (6/11).

Untuk itu, KNKT meneliti adanya kerusakan pada airspeed indicator pada pesawat Boeing 737 Max 8 itu. Apalagi konon kabarnya pesawat itu sempat ditengarai bermasalah pada penerbangan sebelumnya.

Mengurai Masalah Airspeed Pesawat Lion Air JT 610 sebelum Jatuh
Roda pesawat Lion Air dievakuasi ke JICT usai ditemukan di perairan Karawang. (Issak Ramdhani/JawaPos.com)

“Nah itu yang dari empat penerbangan terakhir termasuk yang celaka itu kita mengamati ini kok terjadi unreliable speed di indicator-nya,” tambahnya.

Agar upaya ini berlangsung cepat, KNKT terus melakukan pembicaraan dengan pabrikan Boeing. Pembicaraan itu meliputi menggali informasi berdasarkan teknisi dan pilot yang pernah menerbangkan Boeing 737 Max 8 itu.

“Teknisinya dengan pilot yang menerbangkan sebelumnya diminta keterangan untuk mencari tahu kenapa penyebabnya. Makanya kami tidak dapat dengan cepat menarik kesimpulan,” ungkapnya.

Dalam investigasi kecelakaan Lion Air JT-610 ini, kata Soerjanto, ada beberapa langkah yang harus dilaksanakan. Jika ada keanehan sedikit pun harus digali lebih dalam lagi.

Termasuk juga melihat data-data yang telah dilaporkan oleh pilot usai membawa pesawat. Dari situ diketahui apakah ada keluhan usai membawa pesawat tersebut.

“Kalau ada keluhan ditulis dari pilot. Kalau nggak dia jawab apa pun dan melakukan apa pun pasti pilotnya nggak akan mau terbang. Ini yang kita lihat sekarang adalah apa yang dilakukan menjawab nggak apa yang dikeluhkan oleh pilot tadi. Jadi apa tindakannnya tepat sedang kita teliti,” jelasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (rdw/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Mengurai Masalah Airspeed Pesawat Lion Air JT 610 sebelum Jatuh