alexametrics

PPATK Blokir 60 Rekening ACT

6 Juli 2022, 15:30:16 WIB

JawaPos.com – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah memblokir 60 rekening buntut polemik penghimpunan dana dari lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Ketua PPATK Ivan Yustiavandana menyampaikan, pemblokiran rekening milik ACT masih bisa bertambah seiring berjalannya penyelidikan oleh aparat penegak hukum.

“Per hari ini PPATK hentikan sementara transaksi 60 rekening, atas nama yayasan tadi (ACT) di 33 penyedia jasa keuangan,” kata Ivan dalam konferensi pers di kantor PPATK, Jakarta Pusat, Rabu (6/7).

Ivan mengakui, pihaknya saat ini masih menelusuri aliran uang maupun penghimpunan dana ACT. Hal ini dilakukan PPATK dengan mengumpulkan data dari para penyedia jasa keuangan.

“Kami perlu pendalaman lebih lanjut dan serius. Data banyak masuk dari jasa penyedia keuangan,” ucap Ivan.

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Deputi Analis dan Pemeriksaan PPATK, Danang Tri Hartono menjelaskan, proses penghentian rekening tersebut sifatnya hanya sementara. Sehingga jumlah pemblokiran masih bisa bertambah.

“Selama 20 hari kerja kami akan periksa satu per satu transaksi dari puluhan ribu, sehingga pertanggungjawaban bisa clear,” urai Danang.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua