alexametrics

Pencarian 15 ABK KM Setia Makmur Masih Nihil, 10 Orang Dibawa ke Dobo

6 Juli 2022, 08:39:30 WIB

JawaPos.com – Pencarian 15 Anak Buah Kapal (ABK) dari Kapal Motor (KM) Setia Makmur 06 yang hilang tenggelam di Laut Arafuru, pada Sabtu (2/7) lalu masih nihil. Hal ini karena kondisi cuaca di tengah laut Arafura dalam keadaan buruk. Namun, 10 korban selamat telah dievakuasi oleh KM Sinarmas 01 untuk dibawa ke daratan.

“Penyisiran (10 korban) hari ini masih nihil,” kata Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke, Darmawan kepada JawaPos.com, Selasa (5/7) malam.

Darmawan menjelaskan, KM Setia Makmur yang mengangkut 25 awak tersebut, 10 di antaranya dikabarkan selamat. Namun, 15 awak lainnya saat ini masih dalam pencarian.

Menurut Darmawan, 10 korban selamat di KM Sinarmas akan dipindah ke kapal lain. Karena kapal tersebut akan melanjutkan pencarian ikan. Saat ini, 10 korban selamat itu telah dipindahkan ke KM Sari Mulya untuk dibawa ke daratan Dobo, Pulau Aru.

Kesepuluh ABK yang selamat, diperkirakan akan tiba di Dobo sekitar dua hari lagi. Hal ini karena kondisi cuaca yang buruk.

“Dapat update dari tim, akan menerima transferan KM Sari Mulya, cuma sepertinya ada perubahan rencana jadwal tiba di Dobo, karena dari kondisi alam memang kepulauan Arafuru lagi tinggi dan bergejolak, jadi perkiraan dua hari sampai Dobo,” beber Darmawan.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini: