alexametrics

Inilah Alasan Penting Boleh Kurban 1 Kambing untuk 1 Keluarga

6 Juli 2022, 16:01:24 WIB

JawaPos.com – Nuansa kurban di hari raya Idul Adha kental dengan berbagi daging halal dan sehat kepada tetangga, rekan, dan orang-orang sekitar kita. Seorang muslim dianjurkan untuk berkurban selama keadaan finansial mencukupi. Salah satu pertanyaan yang sering muncul saat menjelang Idul Adha adalah hukum kurban satu kambing untuk satu keluarga. Hal ini terjadi lantaran pekurban ingin berkurban dengan dana yang terjangkau.

Seorang muslim boleh kurban satu kambing untuk dirinya sendiri sebagai penanggung biaya dan kurban diniatkan untuk mewakili keluarga, mengutip dari Dompet Dhuafa. Hukum ini lahir berdasarkan hadis yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW melaksanakan kurban seekor domba untuk beliau dan keluarganya. Imam Muslim meriwayatkan hadist Aisyah ra bahwa Rasulullah berkurban dan berdoa:

“Dengan Nama Allah. Ya Allah, terimalah kurban ini dari Muhammad, keluarga Muhammad, dan umat Muhammad.”

Saat kurban kambing untuk satu keluarga, maka perlu memerhatikan fatwa kurban atas nama diri sendiri dan keluarga. Dalam fatwa Al Lajnah Ad Da-imah lil Buhuts ’Ilmiyyah wal Ifta’ no. 3055 mencantumkan sebuah pertanyaan sebagai berikut:

“Ada seorang ayah yang meninggal dunia. Kemudian, anaknya tersebut ingin berqurban untuk ayahnya. Namun ada yang menyarankan padanya, ”engkau tidak boleh menyembelih unta untuk qurban satu orang. Sebaiknya yang disembelih adalah satu ekor kambing. Karena unta lebih utama dari kambing. Jadi yang mengatakan ”Sembelihlah unta”, itu keliru”. Karena apabila ingin berkurban dengan unta, maka harus dengan patungan bareng-bareng.”

Dari fatwa tersebut, maka menghasilkan jawaban sebagai berikut:

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM

Saksikan video menarik berikut ini: