alexametrics

Ini Alasan Kemendagri Evaluasi Jabodetabek Kembali ke PPKM Level 1

6 Juli 2022, 15:16:21 WIB

JawaPos.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merevisi status level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi yang sebelumnya Level 2, kini menjadi Level 1. Padahal Kemendagri sebelumnya telah menetapkan PPKM Level 2 melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 33 Tahun 2022 untuk wilayah Jawa-Bali.

“Setelah melakukan review dan asesmen terhadap kondisi tersebut, mengingat Inmendagri akan berlalu selama satu bulan, dengan pertimbangan kasus yang sudah mulai melandai dan diperkirakan akan kembali ke Level 1, serta tingkat rawat inap dan kematian yang masih rendah dan terkendali, kami memutuskan untuk merevisi level PPKM wilayah aglomerasi menjadi Level 1,” kata Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal kepada JawaPos.com, Rabu (6/7).

Safrizal menjelaskan, pihaknya melakukan evaluasi berdasarkan indikator transmisi komunitas wilayah aglomerasi Jabodetabek berada pada Level 2, tetapi dalam satu minggu terakhir melihat terjadi tren pelandaian (flattening) yang mengindikasikan wilayah aglomerasi Jabodetabek telah melewati puncak. “Dengan perkembangan tersebut, kami memperkirakan wilayah aglomerasi Jabodetabek dapat kembali ke Level 1 dalam satu atau dua minggu ke depan,” tegas Safrizal.

Safrizal menegaskan, evaluasi ino dilakukan semata untuk menjaga aspek kesehatan dengan tetap memperhatikan pemulihan ekonomi di wilayah Jabodetabek. Sebelumnya, Safrizal yang juga Wakil Ketua III Satgas Penanganan Covid-19 Nasional menjelaskan, pelaksanaan PPKM kali ini perlu ada perhatian serius kepada seluruh pihak, khususnya wilayah Jawa-Bali yang kembali naik ke status PPKM Level 2. Wilayah Jabodetabek khususnya kembali ke Level 2 pada Selasa (5/7) kemarin.

’’Akhir-akhir ini kita melihat adanya peningkatan kasus covid-19 dikarenakan adanya penyebaran varian BA.4 dan BA.5. Beberapa daerah terpaksa harus dinaikkan menjadi Level 2 yaitu Provinsi DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Sorong,” ucap Safrizal, Selasa (5/7).

Menurut Safrizal, di wilayah Jawa-Bali terdapat 114 daerah dengan status PPKM Level 1, menurun dari pelaksanaan Inmendagri sebelumnya yaitu 128 daerah. Sedangkan jumlah daerah dengan status Level 2 meningkat menjadi 14 daerah, dari yang sebelumnya tidak ada satupun daerah yang berada di Level 2.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: