alexametrics

Tingkatkan Kerja Sama Maritim, Bakamla Gaet Indian Coast Guard

6 Juli 2020, 16:56:46 WIB

JawaPos.com – Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI melakukan penandatangan Momerandum of Understanding (MoU) dengan Indian Coast Guard (ICG). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama maritim antar kedua negara.

Pendatangan dilakukan langsung oleh Kepala Bakamla Laksamana Madya Aan Kurnia dengan Direktur Jenderal ICG K. Natarajan. Penandatangan dilakukan terpisah di masing-masing negara dan disaksikan secara virtual.

“Bakamla atau Indonesian Coast Guard dengan Indian Coast Guard membuat MoU kesepakatan kita akan meningkatkan kerjasama. Baik itu di bidang pendidikan maupun patroli,” kata Aan, Senin (6/7).

Dia menuturkan, melalui kerja sama ini, hubungan kemaritiman kedua negara akan ditingkatkan. MoU ini sudah diawali dengan kunjungan kapal India ke Indonesia tahun lalu, begitu pula sebaliknya.

“Harapan kita dengan adanya situasi Covid-19 kita sama-sama bisa selain menjaga kemanan laut kita masing-masing, juga bagaimana sharing informasi menghadapi Covid-19 ini,” imbuhnya.

Melalui kerjasama ini Aan juga berharap kemampuan masing-masing negara menjaga keamanan laut bisa meningkat. Selain itu, pertukaran informasi juga diharapkan bisa ditingkatkan.

“Ini akan meningkatkan kerjasama di kedua belah pihak khususnya Indian Coast Guard dan Bakamla,” pungkas Aan.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Sabik Aji Taufan




Close Ads