JawaPos Radar

Polri Proaktif Ungkap Kasus Pedofilia

Kerahkan Bhabinkamtibmas di Kelurahan dan Desa

06/05/2014, 16:30 WIB | Editor: admin
Polri Proaktif Ungkap Kasus Pedofilia
Ilustrasi: Boediono/Jawa Pos ()
Share this

JAKARTA Maraknya kasus kejahatan seksual terhadap anak yang terungkap beberapa waktu terakhir membuat Mabes Polri jengah. Korps Bhayangkara kini tidak hanya menunggu laporan dari masyarakat, namun juga bersikap proaktif dengan langkah jemput bola.

Salah satu yang dilakukan Polri adalah dengan mengerahkan Bhabinkamtibmas yang saat ini tersebar di kelurahan dan desa. Bhabinkamtibmas memang memiliki peran penting dan menjadi ujung tombak dalam mengantisipasi ancaman gangguan kamtibmas.

Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Agus Rianto mengatakan, keberadaan Bhabinkamtibmas diupayakan bisa berperan maksimal. Sebab, Bhabinkamtibmas merupakan personel polisi yang paling dekat dengan masyarakat.

”Dengan meningkatkan peran Bhabinkamibmas, kami harap info sekecil apapun bisa lebih cepat diterima sehingga penanganannya tidak menyulitkan,'' ujarnya, Selasa (6/5).

Dalam kaitannya dengan kasus pedofilia, lanjut Agus, kemampuan Bhabinkamtibmas mendekati masyarakat bisa digunakan untuk menggali informasi adanya kasus-kasus serupa yang belum terungkap.

Polri mensinyalir kasus pedofilia cukup banyak terjadi. Namun, menurut Agus, korban yang rata-rata masih bocah tidak berani melapor. Begitupun dengan orang tua, terkadang lebih memilih tidak melapor dengan alasan malu. Dengan situasi seperti itu, kehadiran Bhabinkamtibmas nanti juga akan berupaya mendekati anak-anak agar mereka lebih terbuka. (byu/fal)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up