alexametrics

Hasil Survei, BPTJ Ungkap 2 Juta Warga Jabodetabek Berencana Mudik

6 April 2020, 11:38:00 WIB

JawaPos.com – Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Polana B Pramesti mengungkapkan bahwa terdapat 7 persen masyarakat yang hendak mudik. Di Jabodetabek sendiri diketahui terdapat 29 juta warga, jika dikonversikan, maka terdapat 2 juta orang yang ingin mudik.

Hal itu berdasarkan data Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di mana ada 43 ribu responden yang dilakukan survei.

“Dalam survei tercatat  yang tidak mudik itu 56 persen, dan 37 persen (belum memutuskan) mudik dan yang ingin mudik 7 persen. Itu lumayan besar, karena di Jabodetabek ada  29 juta penduduknya,” kata dia dalam Diskusi Online, Minggu (5/4) sore.

Ia pun mengatakan, yang berjumlah 37 persen masih dalam pemantauan, sebab, bisa jadi sewaktu-waktu orang yang berada di kategori tersebut berubah pikiran.

“Kami meminta kepada pemerintah daerah (Pemda) dan operator untuk menyiapkan langkah-langkah dan jalan tol juga,” tuturnya.

Sebagai informasi, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek mengeluarkan Surat Edaran Nomor 5 Tahun 2020. Hal tersebut merupakan rekomendasi kepada daerah untuk melakukan pembatasan sosial berskala besar, jika akan melakukan pembatasan penggunaan moda transportasi.

“Hal itu menyusul dikeluarkannya Peraturan Pemerintah No 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),” ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangannya, Rabu (1/4).

Menurutnya, surat edaran tersebut bertujuan untuk memberikan rekomendasi kepada daerah, apabila sudah dikategorikan sebagai daerah yang diperkenankan untuk melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Dapat melakukan pembatasan penggunaan moda transportasi untuk mengurangi pergerakan orang dalam upaya memutus rantai penyebaran covid-19,” tuturnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads