alexametrics

KSAL, KSAU, dan KSAD Jajal Sukhoi

6 April 2019, 13:01:43 WIB

JawaPos.com – Pucuk pimpinan tiga matra TNI kemarin menjajal langsung kecanggihan pesawat tempur Sukhoi SU-30. Dari Pangkalan Udara (Lanud) TNI-AU Halim Perdanakusuma, mereka terbang dengan tiga pesawat.

Agenda itu dihelat bersamaan dengan pemberian wing penerbang kehormatan dari KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna kepada KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa dan KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji. Menurut Yuyu, pemberian wing penerbang kehormatan kepada Andika dan Siwi merupakan bentuk penghargaan dari TNI-AU kepada TNI-AD dan TNI-AL. Sebab, selama ini kerja sama dengan dua matra itu berjalan baik. “Sebagai ucapan terima kasih,” ucap dia. Yuyu menyebutkan, selama ini instansinya sangat terbantu dengan kerja sama tersebut.

Sebelum Yuyu menyematkan wing penerbang kehormatan kepada Andika dan Siwi, tiga jenderal itu terlebih dulu terbang bersama-sama dengan tiga jet tempur andalan TNI-AU. Mereka mengudara selama sekitar 30 menit di atas wilayah Pelabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat. Selama terbang, mereka melakukan beragam manuver dan formasi tempur udara.

Kepala Dinas Penerangan TNI-AD (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya menyampaikan, penerbangan pimpinan tiga matra TNI tersebut diawali dengan pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan penerbang TNI-AU.

Pesawat tempur SU-30 yang digunakan oleh KSAU adalah TS-3009 dengan pilot Letkol (Pnb) Wanda Surijohansyah. Lalu, KSAL menggunakan SU-30 TS-3008 dengan pilot Mayor (Pnb) Bambang Baskoro. KSAD memakai SU-30 TS 3011 dengan pilot Mayor (Pnb) I Gusti Ngurah.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (syn/c11/oni)



Close Ads