alexametrics

Paspampres Dilarang Masuk, Hotel Dikuasai Pengawal Raja Salman, Ada Apa?

6 Maret 2017, 09:21:13 WIB

JawaPos.com – Pengamanan VVIP untuk Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud di Nusa Dua tak berkurang meski situasi Bali relatif kondusif. Pengamanan dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP) untuk tamu-tamu VVIP kenegaraan. Patroli dari unsur darat, laut dan udara juga terus diintensifkan. 

Seperti yang terpantau kemarin. Patroli personel Brimob terpantau di kawasan ITDC Nusa Dua, dan area tempat menginap Raja Salman, dan rombongan.

Mereka keliling area hotel tiap beberapa menit untuk memastikan kondisi keamanan berjalan aman terkendali. Tidak hanya unsur darat. Dari unsur laut, korps TNI AL terpantau mengamankan area private beach yang digunakan Raja Salman untuk menginap. 

Demikian juga dengan unsur udara yang mengamati area hotel dari langit Bali. “Hasil monitoring terakhir, situasi di Hotel St.Regis, Nusa Dua, tempat menginap Raja Salman dan rombongan aman terkendali,” ujar Kabidhumas Polda Bali AKBP Hengky Widjaya.

Dilaporkan, hampir seharian kemarin raja dan rombongan tak ada aktivitas keluar hotel. Bahkan, hingga pukul 13.45 wita, Paspampres belum diizinkan masuk ke dalam hotel. 

Ini bisa dimaklumi karena semua manajemen operasional hotel tempat menginap Raja Salman dan rombongan sementara diambil alih oleh Tim Advance Arab Saudi. Akses Paspampres maupun aparat gabungan TNI/Polri ke lokasi tempat menginap raja dan rombongan sangat terbatas.

“Meski demikian, kami tetap berjaga-jaga. 259 personel gabungan TNI/Polri, dan pecalang kami kerahkan untuk berjaga di area sekitar hotel,” tandasnya. 

Tim gabungan juga menerjunkan tim Jihandak, Gegana, dan personel yang dilengkapi senjata laras panjang. Mereka siap diterjunkan kapan saja sesuai kebutuhan. Sebagai catatan, rombongan Raja Salman menginap di empat hotel mewah. Yakni 240 orang di Hotel Ritz Carlton : 384 orang di Hotel Hilton, dan 324 orang di Hotel Laguna. Sementara Raja Salman menginap di Hotel St.Regis, Nusa Dua. (widyantara/rid)

Editor : Thomas Kukuh

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Paspampres Dilarang Masuk, Hotel Dikuasai Pengawal Raja Salman, Ada Apa?