alexametrics

Akselerasi Vaksin Booster Jelang MotoGP Mandalika

6 Februari 2022, 14:16:02 WIB

JawaPos.com – Menjelang pelaksanaan rangkaian kegiatan MotoGP di Mandalika, pemerintah mengeluarkan peraturan teknis yang harus dilakukan Pemda Nusa Tenggara Barat.

Hal itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 8 Tahun 2022 yang dipublikasikan kemarin (5/2). Sebagaimana diketahui, rangkaian kegiatan series MotoGP di Indonesia diawali dengan official pre-season test pada 11–13 Februari.

Kemudian, MotoGP Mandalika pada 18–20 Maret.

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal mengatakan, inmendagri dikeluarkan karena ajang balap motor paling bergengsi itu digelar di masa pandemi. Tujuannya agar persebaran virus Covid-19 dapat dikendalikan. ’’Baik sebelum, saat, maupun setelah seluruh rangkaian acara itu berlangsung,’’ ujarnya.

Inmendagri yang berlaku hingga 21 Maret 2022 itu mengatur beberapa ketentuan. Misalnya, pembatasan jumlah penonton paling banyak 100.000 orang. Kapasitas paling banyak 10 persen dialokasikan untuk kelas festival. ’’Seluruh penonton juga diwajibkan telah menjalani vaksinasi dosis kedua,’’ imbuhnya.

Penonton juga harus dinyatakan negatif Covid-19. Itu dibuktikan dengan hasil negatif PCR swab yang terbagi dalam dua kategori. Yakni, PCR test maksimal H-1 bagi penonton yang berasal dari luar Lombok. Sementara itu, untuk penonton dari Pulau Lombok, berlaku hasil negatif PCR 2 x 24 jam atau tes antigen 1 x 24 jam. ’’Kewajiban PCR dan vaksin dosis kedua itu tidak hanya diwajibkan untuk penonton, tapi juga seluruh pembalap, kru, dan ofisial,’’ tuturnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : far/tyo/c18/fal

Saksikan video menarik berikut ini: