alexametrics

Nasdem Desak DPR Sahkan RUU TPKS di Paripurna Mendatang

6 Januari 2022, 11:54:22 WIB

JawaPos.com – Setelah ada lampu hijau dari Presiden Joko Widodo terkait percepatan pembahasan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS), Partai Nasdem meminta DPR mengesahkan RUU tersebut di pembukaan masa sidang DPR 11 Januari 2022 mendatang.

“Kita harus gerak cepat kalau sudah ada political will dari presiden. Karena RUU ini masih usulan DPR, jadi harus disahkan dulu oleh DPR melalui rapat paripurna. Kita harus pantau jangan sampai ada drama lagi di AKD seperti di Bamus yang tempo hari tidak mengagendakan pengesahan RUU TPKS dalam penutupan masa sidang,” ujar Ketua DPP Partai Nasdem Amelia Anggraini kepada wartawan, Kamis (6/1).

Amelia berharap, langkah percepatan pembahasan oleh Presiden Jokowi ini ditunjang juga oleh dukungan masyarakat. “Dukungan masyarakat diperlukan agar legitimasi dari RUU TPKS sangat kuat. Perihal konten-konten yang menjadi pro dan kontra kita harus kawal agar substansi dari undang-undang ini menjadi jawaban atas kekosongan hukum yang ada,” katanya.

Amelia menjelaskan, ini adalah momentum yang pas setelah penantian enam tahun. “Kalau kita melihat berita, pelaku kekerasan seksual itu adalah remaja, sangat miris. RUU TPKS diharapkan memutus rantai predators seksual baru karena berkonsekuensi pidana di dalamnya. Selain itu, RUU TPKS juga memastikan pencegahan, pelindungan, pemenuhan hak korban, juga recovery,” ungkapnya.

Partai Nasdem juga menyambut baik langkah politik dari Presiden Jokowi yang meminta untuk mempercepat pembahasan RUU TPKS ini. “Dengan percepatan pembahasan RUU TPKS ini, menurut saya adalah langkah yang sangat progresif. Di DPR dinamika terjadi sehingga dampaknya adalah tarik ulurnya pengesahan oleh DPR sebagai RUU inisatif DPR,” tuturnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads