alexametrics

Erupsi Gunung Semeru, Satu Dusun Tertimbun Abu Vulkanis 2 Meter

5 Desember 2021, 13:13:10 WIB

JawaPos.com – Gunung Semeru kembali mengalami erupsi. Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu menyemburkan material vulkanis. Guguran awan panas dan lahar menyelimuti desa-desa di sekitarnya. Satu orang meninggal dunia dan puluhan warga mengalami luka bakar. Jumlah korban diperkirakan bertambah. Sebab, hingga pukul 20.30 tadi malam, pendataan masih berlangsung.

“Satu orang yang meninggal itu ada di Curah Kobokan. Semua rumah di sana hancur,’’ ujar Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati Masdar dalam konferensi pers virtual bersama BNPB tadi malam. Dia menerangkan, kondisi terparah berada di kawasan Curah Kobokan. Sebab, endapan lumpur yang tinggi membuat kendaraan sulit mengevakuasi korban. ’’Lumpurnya setinggi lutut. Tadi ada 10 orang yang belum bisa dievakuasi. Kami meminta bantuan komunitas jip,’’ terangnya.

Indah menerima laporan bahwa 41 orang mengalami luka bakar akibat terkena lahar panas.

Dua orang di antaranya adalah ibu hamil. ’’Sekarang dievakuasi ke Puskesmas Penanggal,’’ terangnya. Khusus yang mengalami luka bakar parah, lanjut dia, dirujuk ke rumah sakit terdekat. Warga yang tinggal di sekitar Gunung Semeru telah dievakuasi ke Balai Desa Penanggal.

Di Desa Sumberwuluh, Indah menerima laporan ada dua warga yang hilang. Selain itu, delapan orang dilaporkan terjebak di kantor milik perusahaan tambang. Mereka sempat mengirim video berisi permintaan bantuan. Begitu mendengar kabar tersebut, tim BPBD Lumajang langsung menuju lokasi kejadian. ’’Tapi, lahar panas sudah tinggi. Kami tidak bisa masuk. Harus menunggu surut dulu,’’ terang Indah. Delapan orang itu kini tidak bisa dihubungi. ’’Mudah-mudahan mereka selamat,’’ harap Indah.

Dia juga meminta BNPB mengirim helikopter untuk mengevakuasi para korban yang terjebak lahar panas. ’’Tolong Pak Kepala BNPB, ini keluarga korban menangis semua, tolong segera kirim helikopter,’’ pinta Indah.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : kin/fid/deb/c6/c14/oni

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads