alexametrics

Erupsi Gunung Semeru, Muhadjir Effendy: Insya Allah Semua akan Pulih

5 Desember 2021, 17:07:33 WIB

JawaPos.com – Bencana alam erupsi terjadi di Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur pada Sabtu (4/12) kemarin. Kementerian dan lembaga terkait saat ini saling berkoordinasi untuk memenuhi sejumlah bantuan yang dibutuhkan dalam penanganan bencana ini.

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy pun mengungkapkan, akan bergegas berangkat menuju Lumajang usai menyelesaikan tugasnya di Provinsi NTB bersama rombongan Kepala BNPB dan Menteri Sosial untuk meninjau langsung penanganan bencana dan menyerahkan bantuan.

“Saya nanti akan mengoordinasikan terutama kementerian-kementerian terkait seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, dan kemudian Kementerian PUPR yang berkaitan dengan infrastruktur. Ini kita koordinasikan,” ujar dia dalam keterangannya, Minggu (5/12).

Muhadjir mengatakan, saat ini BNPB sudah bergerak cepat untuk mengoordinasikan penanganan bencana erupsi, menangani korban dan pengungsi, serta menyalurkan kebutuhan dasar melalui BPBD dan relawan sosial. Selain itu Kemenkes melalui Pusat Krisis Kesehatan dan Dinkes Prov Jatim, PMI juga telah menyalurkan bantuan kesehatan dan menyediakan penanganan kesehatan.

“Tanggap bencana ini yang koordinasi adalah BNPB. Dan BNPB sudah mempunyai aparat BPBD di masing-masing daerah. Insya Allah semua akan pulih,” imbuh dia.

Sebagai informasi, sampai saat ini terdapat 17 titik pengungsian dengan jumlah pengungsi sejumlah 902 jiwa. Kerusakan permukiman dan infrastruktur masih dalam pendataan tim gabungan.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads