alexametrics

Mengenang Ciputra, Susy Susanti: Beliau Seperti Ayah Bagi Saya

5 Desember 2019, 15:27:02 WIB

JawaPos.com – Kepergian Ciputra untuk selama-lamanya memberikan duka yang mendalam bagi bangsa Indonesia dari perbagai kalangan. Tentunya termasuk para tokoh dalam negeri. Salah satunya adalah mantan atlet bulu tangkis ternama Indonesia, Susy Susanti.

“Buat saya sosok Pak Ci (sapaan akrab Ciputra) bukan hanya sekadar Ketua Grup Jaya Raya, tapi juga sudah seperti ayah saya sendiri. Saya ucapkan selamat jalan, terima kasih untuk bimbingan dan nasihatnya,” ungkap Susy di Memorial Park, Citra Indah, Jonggol, Jawa Barat, Kamis (5/12).

Baca juga: Penghormatan Terakhir untuk Pak Ci, Candra Ciputra: Terima Kasih Semua

Pertemuan peraih medali emas di Olimpiade Barcelona 1992 dan pendiri Ciputra Group ini berawal ketika dirinya bergabung bersama PB Jaya Raya saat berusia 14 tahun. Susy mengenal Om Ci (panggilan Susy kepada Ciputra) sebagai sosok yang memiliki jiwa sosial serta pemberi petuah.

“Di situ Om (Ciputra) banyak memberikan nasihat, support, awal karir saya Om selalu hadir untuk memberikan support di lapangan, sehingga saya bisa meraih impian saya menjadi juara olimpiade. Waktu itu saya masih main,” ucapnya.

Salah satu kenangan yang masih diingat Susy hingga saat ini, yakni pada saat pertandingan final bulu tangkis kategori beregu putri SEA Games 1987. Pada pertandingan itu, Susi gagal mendapatkan medali emas.

“Om Ci hadir menonton pertandingan di pinggir lapangan di Kuningan. Meski saya kalah, Om Ci memberikan support bahwa saya pasti bisa, berjuang mengejar impian dan jangan pernah takut. Jangan merasa putus asa untuk menjadi lebih baik,” katanya.

Susy juga bercerita pada saat krisis moneter 1998, PB Jaya Raya hampir ditutup. Kemudian, banyak pemain yang pindah ke klub lain.

“Saya tinggal satu-satunya yang ada di situ. Om bilang ke saya, kalau Susy keluar, klub Jaya Raya kita bubarin aja, tapi kalau Susy bertahan meski dengan situasi seperti ini, sarana seadanya kita akan terus membangun, mengangkat lagi klub Jaya raya tidak hanya nasional tapi juga internasional. Begitu kata Om. Akhirnya saya bertahan dan berada di samping Om Ci. Saya bilang ke Om bahwa saya dibesarkan di Jaya Raya dan saya akan ada di samping Om baik suka atau duka,” kata Susy sambil menahan tangis.

Bahkan, hingga ketika dirinya memutuskan untuk pensiun pun dirinya tetap diberikan nasihat, bukan hanya dari sisi bulu tangkis tapi juga soal kehidupan. Bagi Susy, Pak Ci bukan hanya mentor, tapi juga keluarga.

“Om orang luar biasa, punya dedikasi tinggi, tidak hanya sebagai entrepreneur tapi juga sebagai seorang yang memberikan anak-anaknya perhatian, pengabdian dan dukungan support luar biasa terhadap kami (PB Jaya Raya),” tutup Susy.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Saifan Zaking


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads