alexametrics

Bukan Karena Tren, Ini Alasan Ciputra Kerap Mengenakan Topi

5 Desember 2019, 17:45:57 WIB

JawaPos.com – Topi menjadi ciri khas dari Ciputra. Anak pertama almarhum Ciputra, Rina Ciputra Sastrawinata mengungkapkan bahwa ayahnya mulai kerap memakai topi yang menjadi ciri khasnya tersebut sejak 4 tahun lalu. Alasannya bukan mengikuti tren, melainkan kepalanya merasa kedinginan.

“Mungkin sekitar 3-4 tahun yang lalu, semula ayah saya tidak pakai topi berbentuk seperti itu, ayah saya selalu merasa dingin kalau keluar malam jadi kepala ingin ditutup,” ujar Rina di Memorial Park, Citra Indah, Jonggol, Jawa Barat, Kamis (5/12).

Baca juga: Penghormatan Terakhir untuk Pak Ci, Candra Ciputra: Terima Kasih Semua

Awalnya, Ciputra tidak suka memakai topi seperti yang publik lihat. Pertama kalinya Pak Ci memakai topi khas dari Rusia, akan tetapi dia kurang menyukainya.

“Sesudah beberapa lama, kemudian ada keponakan saya, anak dari pak Candra (Ciputra) bawa sebuah topi dari Amerika yang bentuknya seperti baret. Ayah saya senang pakai itu berfoto di mana-mana,” imbuhnya.

Setelah merasa cocok dan percaya diri memakai topi, kata Rina, ayahnya pun meminta asistennya untuk membeli topi dengan beragam jenis dan warna. Namun, saat itu Ciputra berpikir kalau topi yang dia beli itu tidak memiliki makna.

Ciputra (kedua dari kanan) semasa hidupnya kerap mengenakan topi (Istimewa)

“Jadi kebetulan kami punya logo yang langsung ditempel di depannya, akhirnya itu jadi semacam trademark ayah saya kemana-mana memakai topi. Jadi kalau di ruangan AC hangat, kepalanya tidak kena dingin, untuk malam hari juga enak,” ungkap Rina.

Rina juga mengungkapkan bahwa pebisnis yang besar lewat bisnis properti tersebut memiliki topi dengan warna yang berbeda-beda. Tergantung pakaian batik yang hendak dikenakan Ciputra. Topi yang menjadi ciri khas Ciputra secara simbolis dikuburkan bersama Pak Ci.

“Bermacam-macam warna tergantung baju batiknya berwarna apa. Iya (dikubur) topi secara simbolis, (topi) dipakaikan oleh adik saya Candra,” tuturnya.

Rina pun terharu akan antusiasme masyarakat yang begitu besar untuk melihat pemakaman ayahnya. “Saya terharu dengan begitu banyak masyarakat yang datang kemari yang membuat ibu saya sangat terharu. Jadi kami sebagai putra putri dari Pak Ciputra betul-betul ingin mengucapkan terima kasih kepada direksi dan staf kami,” tutupnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Saifan Zaking


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads