alexametrics

Video Detik-Detik Perahu Terbalik di Bengawan Solo Tuban-Bojonegoro

Satu Lagi Korban Meninggal Berhasil Ditemukan
5 November 2021, 20:11:59 WIB

JawaPos.com- Video amatir detik-detik tragedi perahu terbalik di Bengawan Solo wilayah Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, pada Rabu (3/11) lalu, telah beredar dan sudah didapat petugas. Video yang diperoleh JawaPos.com itu berdurasi hanya 1 menit 50 detik. Namun, dari rekaman itu tergambar jelas bagaimana detik-detik tragedi perahu penyeberangan itu terbalik dan tenggelam.

Tidak jelas berapa jumlah penumpang perahu tersebut. Namun, terlihat beberapa orang di antara penumpang membawa sepeda motor. Pada detik 30, perahu bertenaga mesin diesel itu berangkat. Yakni, dari titik start penyeberangan di Dusun Gemblo, Desa Ngadirejo, Kecamatan Rangel, Tuban. Tampak perahu dari titik start di seberangnya juga sudah berangkat. Yakni, dari Desa Semambung, Kecamatan Kanor, Bojonegoro.

Memang, rutinitas perahu penyeberangan di kawasan itu selalu demikian. Saat perahu dari arah Rengel berangkat, perahu dari arah Kanor juga ikut berangkat. Begitu sebaliknya. Tujuannya, penumpang tidak menunggu terlalu lama.

Pada detik-detik awal, perahu meluncur tanpa masalah. Arus air Bengawan Solo memang terlihat cukup deras. Warna air keruh seperti kopi susu. Di beberapa titik, mengapung kumpulan eceng gondok terbawa arus. Perahu berjalan ke tengah, sedikit menyerong ke kanan sekitar 45 derajat.

Nah, pada detik 01.20, perahu tampak mulai kehilangan kendali. Arus deras air membuat ujung depan perahu, berbelok ke kiri. Sedikit miring. Lalu, beberapa detik, kemudian ujung belakang mulai tenggelam. Tepat pada detik 01.30, perahu benar-benar kehilangan kendali. Perahu terseret arus, terbalik, dan tenggelam. Sudah tidak tampak dalam permukaan air Bengawan Solo. Beberapa tangan di atas permukaan sempat terlihat.

Begitu perahu tenggelam, terdengar suara jerit pilu disertai takbir terekam dalam video amatir itu. ‘’Ya Allah, iku kae piye (itu bagaimana, Red).’’ Terdengar pula suara lain. ‘’Wes ayo balik wae (sudah ayo kembali saja, Red).’’ Tampaknya suara itu dari penumpang yang juga hendak menyeberang dengan menggunakan perahu tambang tersebut.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: