alexametrics

Didiagnosa Kanker Prostat, Demokrat: SBY Dalam Keadaan Baik

5 November 2021, 19:48:37 WIB

JawaPos.com – Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam kondisi yang baik dan telah tiba di Amerika Serikat untuk menjalani perawatan.

Hal ini di katakan Herzaky, setelah sebelumnya SBY didiagnosa mengidap kanker prostat stadium awal. “Alhamdulillah, kondisi Bapak SBY saat ini dalam keadaan baik. Terima kasih untuk doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia,” ujar Herzaky kepada wartawan, Jumat (5/11).

“Sebagai informasi, beliau sudah tiba di Amerika Serikat kemarin siang. Hanya, bermalam dulu sebelum menuju kota tempat rumah sakitnya berada,” tambahnya.

Mengenai perkembangan dari Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat tersebut, Herzaky mengaku masih menunggu informasi lebih lanjut dari tim dokter yang mendampingi SBY ini.

“Kita menunggu update lebih lanjut. Karena menyangkut tindakan kesehatan, tentu informasi tersebut tidak bisa disampaikan secara sembarangan atau terbuka karena menyangkut etika kesehatan. Jika sudah ada update, pasti akan diupdate,” ungkapnya.

Herzaky menuturkan, mengenai pemilihan SBY menjalani perawatan di salah satu rumah sakit (RS) di Amerika Serikat, lantaran keluarga ingin memberikan yang terbaik.

“Untuk beberapa rekan yang menanyakan mengapa memilih melakukan pengobatan di Amerika Serikat, pihak keluarga tentunya mengusahakan yang terbaik untuk Bapak SBY,” tuturnya.

Bahkan kata Herzaky, dokter juga merekomendasikan kepada SBY untuk bisa menjalani perawatan di Amerika Serikat untuk pengobatan kanker prostat yang dideritanya tersebut.

“Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di Amerika Serikat yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat,” tuturnya.

Karena itu Herzaky berharap kepada masyarakat untuk bisa mendoakan SBY agar bisa lekas pulih dari sakit yang dideritanya ini.

Sebelumnya, Staf Pribadi Presiden RI ke-6 SBY, Ossy Dermawan mengatakan SBY didiagnosa mengalami kanker prostat. Sehingga untuk secepatnya mendapatkan perawatan di rumah sakit di Amerika Serikat.

“Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai dengan diagnosa dari Tim Dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer),” ujar Ossy.

Ossy mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, positron emission tomography (PET) specific membrane antigen (SMA) scan dan pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh SBY masih berada dalam stadium awal.

Sementara Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan menuturkan bahwa SBY akan menjalani perawatan di rumah sakit khsusus kanker di Amerika Serikat.

Rencananya SBY akan menjalani perawatan kurang lebih 1,5 bulan di Negeri Paman Sam tersebut. Kata dia, kondisi SBY saat ini baik-baik saja, namun penyakit kanker prostat tersebut perlu cepat mendapatkan penanganan.(Gunawan Wibisono)

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads