alexametrics

Satu Ping Detector Rusak, Pencarian CVR Lion Air JT-610 Terhambat

5 November 2018, 20:05:22 WIB

JawaPos.com – Tim SAR gabungan kembali menemui kendala dalam upaya evakuasi pesawat Lion Air JT-610 di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Hambatan kali ini terkait pencarian Cockpit Voice Recorder (CVR) black box.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono mengatakan, satu buah ping detector mengalami kerusakan. Saat ini, alat tersebut tengah dalam perbaikan oleh teknisi dan diharapkan segera bisa digunakan kembali.

“Satu alat deteksi (black box, Red) kemarin rusak. Mudah-mudahan besok atau lusa bisa dipakai lagi,” kata Soerjanto di kantor KNKT Gambir, Jakarta Pusat, Senin (5/11).

Akibat kerusakan ini, pada hari ini ping detector yang bisa digunakan untuk mencari CVR hanya dua unit. Satu digunakan oleh Badan SAR Nasional (Basarnas) dan satu lainnya dioperasikan Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL.

“Alat deteksi black box 1 milik KNKT dan Singapura. Kami tinggal 1 di kapal Basarnas dan Kopaska untuk tetap mencari CVR,” sambung Soerjanto.

Sementara itu, Soejanto menegaskan pada hari ini KNKT belum mendapat laporan adanya sinyal kuat dari CVR. Bahkan sinyalnya terkadang sangat lemah. Meski demikian, pencarian untuk hari esok masih difokuskan di koordinat yang sama dengan pencarian saat ini.

Pasalnya mayoritas puing-puing Lion Air JT-610 terletak di situ. Hanya saja tim SAR gabungan tengah menyusun strategi baru, agar evakuasi bisa berjalan lebih efektif.

“Belum dapat status sinyal (CVR, Red) hari ini. Lokasi (pencarian, Red) di situ-situ saja. Strateginya kami rancang ulang,” pungkas Soerjanto.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (sat/JPC)

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Satu Ping Detector Rusak, Pencarian CVR Lion Air JT-610 Terhambat