alexametrics

Ngabalin Kagum dengan Hasil Kerja Tim Basarnas

5 November 2018, 18:50:36 WIB

JawaPos.com – Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menyambangi dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (5/11) sore. Ali datang untuk mengecek hasil evakuasi yang dilakukan tim SAR gabungan.

Pantauan JawaPos.com di lokasi, Ngabalin datang sekitar pukul 17.00 WIB, mengenakan baju batik cokelat dan sorban putih yang menjadi ciri khasnya. Kedatangannya pun disambut oleh Kepala Basarnas Marsekal Madya M Syaugi.

Mereka berkeliling di sekitar dermaga yang dijadikan posko terpadu evakuasi korban pesawat Lion Ait JT-610 itu.

Ngabalin mengaku diminta oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk datang ke lokasi, setelah mengadakan pertemuan dengan Basarnas.

“Saya merasa berkepentingan untuk datang, kemudian paling tidak kehadiran saya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari instruksi Bapak Presiden, untuk melihat teman-teman yang luar biasa bekerjanya. Pagi, siang, sore, malam, memberikan support,” ujarnya di lokasi, Senin (5/11).

Kedatangannya juga mewakili presiden untuk menyampaikan apresiasi kepada tim yang telah bekerja keras. Menurutnya, insiden tersebut adalah hal yang sama sekali tidak menyenangkan.

“Beberapa kali, presiden dalam wawancara memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Basarnas dan teman-teman yang memberikan konsentrasi full dalam musibah yang sungguh kurang mengasyikkan ini. Tapi ini sebuah kenyataan yang harus kita hadapi,” tutur dia.

Sebagai dive master, dirinya juga memberikan imbauan kepada para penyelam agar tetap semangat untuk menuntaskan misi. Pasalnya, saat ini, rescue sudah menjadi bagian dari dunia selam.

“Saya ini dive master, Ketua Umum Persatuan Olahraga Selam di DKI Jakarta, dua periode. Selam itu ada yang disebut dengan fun dive, sport dive, ada macam-macam, tapi rescue itu juga sudah kami bentuk,” tegas Ngabalin.

Sementara itu, bertepatan dengan kedatangannya, sudah ada 18 kantong jenazah yang baru saja diturunkan dari perahu Rigid Inflatable Boat (RIB) 03 Lampung. Dari total kantong jenazah, 17 di antaranya berisi korban dan satu lainnya adalah puing-puing serta barang milik penumpang pesawat.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : (yes/JPC)

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Ngabalin Kagum dengan Hasil Kerja Tim Basarnas