alexametrics

HUT ke-74 TNI, Panglima Pamer Drone Tempur Baru ke Jokowi

5 Oktober 2019, 13:49:57 WIB

JawaPos.com – Dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI tersaji tontonan baru. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memamerkan pesawat tanpa awak (drone) tempur CH-4 Rainbow di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ini merupakan kali pertama drone terbaru tersebut diterbangkan dan disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi.

“Hari ini kita tampilkan di depan Pak Presiden bahwa kita sudah memiliki pesawat tanpa awak dengan kemampuan terbang radius of action 1500-2000 kilometer, dengan menggunakan beyond line offside dengan bantuan satelit,” kata Hadi di Lanud Militer Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (5/10).

Hadi menuturkan, kecanggihan drone tempur terbaru tersebut sudah diuji tembak langsung saat latihan gabungan di Situbondo, Jawa Timur beberapa waktu lalu. Hasilnya memang dianggap bagus sebagai sistem pertahanan maupun penyerangan.

Manuver sejumlah pesawat TNI AU pada HUT ke-74 TNI di Lanud Halim, Jakarta, Sabtu (5/10) (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

“Pesawat tersebut seperti yang saya sampaikan ketika latihan gabungan TNI di Situbondo dan sudah melaksanakan penembakan menggunakan rudal dan hasilnya sangat baik,” kata Hadi.

“Penampilan berikutnya banyak kita tunjukkan hasil produksi dari Pindad, khusunya kendaraan-kendaraan tempur, itu yang spesial pada HUT ke-74 TNI hari ini,” pungkasnya.

TNI hari ini, Sabtu (5/10) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74. Acara dilangsungkan di Pangkalan Udara (Lanud) Militer Halim Perdanakusuma, Jakarta. HUT Ke-74 TNI Tahun 2019 mengusung tema ‘TNI Profesional Kebanggaan Rakyat’. Upacara peringatan dimulai pukul 08.00 WIB. Bertindak selaku Komandan Upacara adalah Asops Dankormar Kolonel Mar Y. Rudy Sulistyanto.

Kekuatan pasukan parade berjumlah 6.806 personel terdiri dari lambang-lambang kesatuan 60 personel. Kekuatan pasukan defile dan alutsista terdiri dari Defile POM TNI (48 personel, 24 unit alutsista), Defile Matra Darat (1.172 personel, 415 unit alutsista), Defile Matra Laut (522 personel, 116 unit alutsista), Defile Matra Udara (259 personel, 58 unit alutsista). Defile dipimpin oleh Kolonel Inf Sachono (Dirbinsismet Pusterad) selaku komandan defile.

Sedangkan demonstrasi ketrampilan prajurit terdiri dari Kolone Senapan, Bela Diri Militer, dan Tari Perang Garuda, Terjun Payung, Demo Udara (Fly Pass, BTU, Tempur Udara & Composite Strike, Jupiter Aerobatic, Boms Burst). Adapun pesawat udara yang dikerahkan dalam rangka HUT ke-74 TNI Tahun 2019 berjumlah 157 unit milik TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads