alexametrics

Permintaan Pengembalian Uang BSU Guru Madrasah Dinilai Tak Manusiawi

5 Januari 2022, 06:24:42 WIB

JawaPos.com–Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan kejanggalan penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) 2020 Kemenag. BSU itu untuk guru madrasah dan pendidikan agama Islam (PAI) di sekolah.

Banyak guru yang diduga menerima bantuan ganda. Kemenag minta mereka mengembalikan BSU yang sudah disalurkan tahun lalu.

Keputusan Kemenag meminta guru-guru mengembalikan dana BSU tersebut mendapatkan sorotan. Di antaranya disampaikan Ketua Umum Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Mahnan Marbawi.

Dia mengatakan, seharusnya Kemenag melakukan skrining di awal. Sehingga ketika BSU tersebut dicairkan, dipastikan kepada guru-guru yang belum menerima bantuan sejenis dari pemerintah.

Menurut dia, mayoritas guru penerima BSU itu adalah honorer. Dengan gaji yang tidak banyak hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Mereka bisa jadi merasa berat mengembalikan BSU yang diterima tahun lalu sebesar Rp 1,8 juta/orang.

’’Tak elok minta mengembalikan BSU dari guru non PNS. Sebab mereka seperti halnya para pekerja pabrik yang mendapatkan bantuan,’’ kata Mahnan Marbawi, Selasa (4/1).

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Hilmi Setiawan/JPK

Saksikan video menarik berikut ini: