alexametrics

Komnas Perempuan: SPPT PKKTP Jamin Pemulihan Korban Kekerasan Seksual

4 Desember 2021, 17:05:10 WIB

JawaPos.com – Komisioner Komnas Perempuan Imam Nahei, menegaskan pihaknya menjamin pemulihan perempuan korban kekerasan seksual, melalui Sistem Peradilan Pidana Terpadu Penanganan Kasus Kekerasan terhadap Perempuan (SPPT PKKTP).

“SPPT PKKTP ini sesungguhnya memberi mekanisme bagaimana korban kekerasan seksual itu mendapatkan pemulihan sejak proses pertama penanganan kasus yang dialaminya,” ujar Imam Nahei.

Hal itu disampaikannya saat menjadi narasumber webinar nasional bertajuk “Kekerasan Seksual di Kampus” yang dilaksanakan secara hybrid dan disiarkan langsung di kanal YouTube Suara Asa Khatulistiwa, dipantau dari Jakarta, Sabtu (4/12) dikutip dari Antara.

Menurut Imam Nahei, di Indonesia selama ini, pengalaman penanganan kasus kekerasan, terutama kekerasan seksual terhadap perempuan sering kali mengabaikan kebutuhan korban. Pihak-pihak terkait dalam menindak pengaduan korban, lanjut dia, kerap mengabaikan dukungan pemulihan.

“Selama ini, biasanya yang dikejar itu (dalam penanganan kasus kekerasan seksual terhadap perempuan) adalah pelakunya. Sementara korban, dimintai keterangan, tapi tidak mendapatkan pemulihan,” jelas Imam Nahei.

Oleh karena itu, ujar dia, mekanisme dalam SPPT PKKTP diupayakan untuk menjadi “payung besar” yang dapat melindungi perempuan korban kekerasan, khususnya kekerasan seksual yang semakin marak terjadi di Indonesia.

Editor : Kuswandi

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads