alexametrics

Jika Terbukti Jadi Penumpang, Keluarga Arif Terima Rp 1,3 Miliar

4 November 2018, 16:10:59 WIB

JawaPos.com – Ahli waris Arif Yustian, korban Lion Air JT-610 yang tidak tercatat dalam manifes penumpang tetap mendapat asuransi dari maskapai milik Rusdi Kirana itu jika terbukti jadi penumpang. Hal itu disampaikan Managing Director Lion Air Group Daniel Putut Kuncoro.

“Kalau dia ikut pesawat dan jadi korban pasti dapat,” kata Daniel di Rumah Sakit Polri Jakarta, Minggu (4/11).

Namun sejauh ini, pihaknya masih menelusuri benar tidak informasi tersebut. Juga, menginvestigasi apakah ada pelanggaran terkait penumpang yang tidak terdaftar di manifes pesawat nahas tersebut. Dalam hal ini, pihaknya termasuk menunggu penelusuran yang dilakukan Kementerian Perhubungan. 

Jika Terbukti Jadi Penumpang, Keluarga Arif Terima Rp 1,3 Miliar
Infografis pesawat Lion Air jatuh (Kokoh Praba/JawaPos.com)

“Kami investigasi dulu, saya nggak bisa (katakan) melanggar atau enggaknya. Iya, (kami menunggu),” ucapnya.

Sekadar informasi, tak terdaftarnya Arif di dalam penerbangan dari Jakarta ke Pangkal Pinang tersebut disebut-sebut karena menggantikan koleganya bernama Krisma Wijaya. Hal itu disampaikan oleh pihak keluarga yang yakin pria yang akrab disapa Iyus itu ada di pesawat Lion Air JT-610.

Sementara itu, pihak Lion Air Group berjanji memenuhi kewajibannya untuk memberi santunan kepada keluarga korban dari jatuhnya pesawat mereka di perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat. Untuk asuransi saja, mereka menggelontorkan dana Rp 1,25 miliar kepada ahli waris masing-masing korban.

Daniel mengatakan jumlah tersebut sesuai dengan peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 tahun 2011 tentang Tanggung Jawab  Pengangkut Angkutan Udara. “Disampaikan di situ jika ada penumpang terlibat kecelakaan maka angkutan udara bisa memberikan asuransi sekitar Rp 1,25 miliar,” ujarnya di Rumah Sakit Polri, Jakarta, Minggu (4/11).

Selain itu, ahli waris juga menerima Rp 50 juta atas uang bagasi korban yang rusak atau hilang. Sejatinya sesuai peraturan Menhub, bagasi yang rusak hanya mendapat Rp 4 juta. “Tapi kami menaikan angka Rp 4 juta itu, kami lebihkan, kami berikan Rp 50 juta per orang,” kata Daniel.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (dna/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Jika Terbukti Jadi Penumpang, Keluarga Arif Terima Rp 1,3 Miliar