Cakupan Vaksinasi Terus Digenjot, AstraZeneca Tambah 8,4 Juta Vaksin

4 Oktober 2021, 15:19:46 WIB

JawaPos.com – Cakupan vaksinasi Covid-19 terus bertambah. Hingga Minggu (3/10) sudah 93 juta orang divaksinasi dosis 1 dan sudah 52 juta orang divaksin hingga dosis lengkap. Salah satu vaksin yang digunakan di Indonesia yakni AstraZeneca. Produsen mengirimkan tambahan 8,4 juta dosis vaksin Covid-19 ke Indonesia.

Sejumlah 26,6 juta dosis Vaksin Covid-19 AstraZeneca telah berhasil dikirimkan ke Indonesia melalui perjanjian bilateral AstraZeneca dengan pemerintah Indonesia, COVAX, dan donasi dari negara-negara lain. Hal ini sesuai dengan percepatan vaksinasi nasional.

“Kami sangat senang telah ikut mengambil peran dalam memasok jutaan dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca ke Indonesia, untuk mendukung percepatan Program Vaksinasi Nasional,” kata Company President AstraZeneca Indonesia, Sewhan Chon, seperti dalam keterangan resmi, Senin (4/10).

“Sesuai dengan yang direncanakan, kami akan terus mengirimkan jutaan dosis lainnya dan akan terus bekerja sama dengan pemerintah dalam menjalankan tugas yang penting ini, sehingga kami dapat membantu pemulihan kesehatan dan ekonomi Indonesia,” katanya.

Sejak peluncuran pertama di dunia di awal tahun 2021, vaksin Covid-19 AstraZeneca telah membantu mencegah rawat inap dan kematian. Dalam uji klinis, Vaksin Covid-19 AstraZeneca menunjukkan kemanjuran terhadap penyakit parah dan rawat inap akibat Covid-19 setelah dua dosis vaksin disuntikkan. Dan bukti dunia nyata menunjukkan bahwa vaksin tersebut sekitar 80-90 persen efektif melawan penyakit parah akibat variants of concern atau varian virus yang diidentifikasi WHO sebagai varian yang memerlukan perhatian khusus.

Hingga saat ini, 1,3 miliar dosis vaksin AstraZeneca telah didistribusikan kepada lebih dari 170 negara global, dan sekitar dua pertiga dari dosis vaksin tersebut telah dikirim ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah. Lebih dari 145 juta dosis vaksin telah didistribusikan melalui fasilitas COVAX.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads