alexametrics

Klaim Temukan Vaksin Covid-19, Wiku: Jangan Sembarangan Ini Soal Nyawa

4 Agustus 2020, 17:55:27 WIB

JawaPos.com – Hadi Pranoto mendadak ramai diperbincangkan publik. Hal ini karena dia mengklaim telah menemukan obat atau herbal yang bisa menyebuhkan orang dari Covid-19. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adiasasmito pun ikut mengomentari hal itu.

Wiku mengatakan, soal vaksin tidak bisa main-main dan asal klaim. Apalagi sampai mengklaim menemukan obat penyebuh Covid-19 tanpa adanya uji coba. Tetap harus ada uji klinis, sehingga semuanya bisa dipertanggung jawabkan.

“Tidak bisa asal mengklaim bahwa obat itu obat Covid-19 tanpa diuji terlebih dahulu. Semua ini perlu pertanggung jawaban. Maka harus melewati uji klinis dan izin peredaran yang benar,” ujar Wiku dalam konfrensi pers di Kantor BNPB, Jakarta, Selasa (4/8).

Sehingga adanya uji klinis tersebut harus menjadi perhatian banyak pihak. Tidak bisa hanya klaim kemudian diedarkan ke masyarakat. Karena semua obat ada pertanggungjawabannya.

“Jadi tidak bisa sembarangan, karena ini urusan nyawa manusia,” ungkapnya.

Oleh sebab itu Wiku berpesan supaya publik figur untuk berhati-hati dalam membuat stetmen atau pernyataan. Sehingga tidak menimbulkan kegaduhan baru di tengah masyarakat.

“Sekali lagi saya ingatkan para peniliti dan publik figur untuk berhati-hati dalam menyampaikan berita ke masyarakat. Jangan sampai masyarakat panik,” ungkapnya.

‎Diketahui, Hadi Pranoto menjadi sorotan setelah muncul sebagai narasumber yang diwawancarai penyanyi Anji. Musikus ini menyebut Hadi sebagai profesor dan ahli mikrobiologi.

Dalam video itu, Hadi Pranoto mengklaim telah menemukan obat atau herbal antibodi Covid-19. Hadi mengklaim sudah menyembuhkan banyak orang. Hadi Pranoto pun mengaku menyalurkan obatnya ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet.‎

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads